Connect with us

Wow, Musisi Ini Memetik Gitar Ketika Otaknya Dibedah

Tekno

Wow, Musisi Ini Memetik Gitar Ketika Otaknya Dibedah

Memetik gitar bagi seorang musisi bisa dilakukan di mana saja, di panggung hiburan, di taman atau di pinggir jalan. Lain halnya gitaris asal India Abhisek Prasad, dia memetik gitar saat dirinya menjalani operasi otak di Rumah Sakit, wow.

Menurut Dr. Sharan Srinivasan ahli bedah saraf di Rumah Sakit di Belangore India. Hampir 2 tahun lamanya Prasad menderita kelainan neurologis yang disebut Dystonia Musikal.

“Prasad mengalami gangguan gerakan pada jari-jarinya, kondisi seperti ini hanya terjadi ketika dia memainkan alat musik,” ujarnya, seperti Tangseloke kutip dari laman CNN.com, Sabtu (22/7/2017).

Pada kasus Prasad, ada tiga jari yang kram, jari tengan, jari manis, dan kelingkin. “Tiga jari di tangan kirinya gagal menerjemahkan perintah dari otaknya,” ungkap Srinivasan.

Abhishek Prasad gitaris berusia 37 tahun mengaku gembira dapat kembali memainkan gitar kesayangannya setelah 20 bulan lamanya menderita kelainan neurogis.

“Rasanya menyenangkan sekali, sangat ajaib. Saya tidak bisa bermain selama 20 bulan terakhir, dan dalam beberapa detik, jari saya dilepaskan sepenuhnya, dan saya bisa bermain normal,” ujar Prasad.

Tim ahli bedah Prasad menggunakan metode bedah “radio-frequency ablation” dengan melakukan pembiusan lokal. Operasi Otak dengan menggunakan arus frekuensi radio untuk memperbaiki jaringan saraf pada bagian otak Prasad yang memicu tremor atau kram di jari tangannya.

Ketika dioperasi Prasad dipasang perangkat pemindai MRI di kepalanya. Dr. Sharan Srinivasan mengandalkan reaksi pasien ketika dibedah untuk menentukan area yang tepat yang memerlukan penanganan.

“Inilah sebabnya mengapa pasien harus benar-benar terjaga selama operasi, dia harus memberi saya umpan balik secara real-time,” kata Srinivasan.

Kebanyakan pasien pengidap Dystonia Musikal mengira mereka memiliki masalah psikologis, padahal mereka tidak tahu itu hanya masalah neurologis yang bisa disembuhkan. (source via CNN.com)

Continue Reading
Advertisement
To Top