Connect with us

200 Rumah di Tangsel Bakal Dibedah Melalui Konsep Swakelola

Info SKPD

200 Rumah di Tangsel Bakal Dibedah Melalui Konsep Swakelola

rumah_ambruk18.143.23.153- Dinas Tata Kota Bangunan dan Pemukiman (DTKBP) Kota Tangerang Selatan bakal menggulirkan program bedah rumah tak layak huni di tahun 2016.

Sebanyak 200 rumah akan mendapat gilirah dibedah melalui konsep swakelola. Hal tersebut diungkapkan Kabid Perumahan dan Pemukiman DTKBP Tangsel, Carsono.

“Konsepnya swakelola. Jadi tenaga dari masyarakat, dinas hanya mengeluarkan anggaran dan melakukan pengawasan,” ujarnya.

Ia mengaku, pengadaan sebagian bahan bangunan dari toko bahan bangunan (umum) setempat. Untuk itu pihaknya akan melakukan sosialisasi kepada para pemilik material yang ada di Tangsel.

“Pelajaran tahun lalu, banyak pemilik bahan bangunan atau material yang tidak mau dihutangin karena takut tidak dibayar, dan banyak pemilik material di Tangsel yang belum memiliki NPWP dan izin usaha, sehingga tidak bisa mengambil barang di sana,” jelasnya.

Dengan adanya sosialisasi kepada pemilik material, diharapkan di 2016 ini banyak material yang bisa bekerjasama dengan DTKBP dalam pemenuhan bahan bangunan untuk bedah rumah ini.

“Saya berharap adanya sosialisasi kepada pemilik material dapat membantu kita dalam proses pengiriman bahan bangunan kepada pemilik rumah yang rumahnya sedang dibangun,” katanya.

Berdasarkan usulan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) 2015, ada sebanyak 200 rumah yang akan dibedah pada 2016 ini. Masyarakat, mengusulkan melalui proposal yang disampaikan kepada Walikota Tangsel.

“Tembusannya dilanjutkan kepada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), pengusulan hanya diterima pada saat Musrenbang, pengajuan usulan diluar musrenbang tidak dapat dijadikan dasar pemerintah daerah mengakomodir usulan untuk direalisasikan,” jelasnya. (source via wan/plp)

Continue Reading
Advertisement
You may also like...
To Top