Connect with us

Peringati Hari Jadi Pramuka Ke 60, Dispora Selenggarakan Lomba Yel-Yel dan Kolone Tongkat di 4 Kwaran

Info Tangsel

Peringati Hari Jadi Pramuka Ke 60, Dispora Selenggarakan Lomba Yel-Yel dan Kolone Tongkat di 4 Kwaran

Dalam rangka menyambut hari jadi Kota Tangerang Selatan yang ke-13 dan masuk dalam rangkaian hari Pramuka yang ke 60, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Tangsel gelar Lomba Yel Yel Kolone Tongkat dan Lomba Pionering (rancang bangun maket design) di tingkat sekolah menengah atas atau SMA sederajat.

Pada pelaksanaannya, sebanyak empat (4) kwarran (kwartir ranting) dapat berpartisipasi dalam kedua mata lomba tersebut. Diantaranya, kwarran Ciputat, Kwarran Pondok Aren, Kwarran Setu dan Kwarran Serpong.

Masing masing Kwarran melibatkan gugusdepan pangkalan sekolah di wilayahnya. Seperti wilayah Kwarran Ciputat yakni dari SMAN 11 Tangsel, SMA YIC (Yayasan Islamiyah Ciputat) dan MA Madinatunnajah Jombang.

Untuk wilayah Kwarran Pondok Aren, ada sekolah SMKN 2 Tangsel. Sementara Kwarran Setu di ikuti oleh MAN 1 Tangsel dan SMKN 3 Tangsel. Kemudian di lanjutkan dengan keikut sertaan Kwarran Serpong yakni, SMK-TI PGRI 11 Serpong dan SMKN 1 Tangsel.

Ke ikutsertaan para siswa lomba yel yel dan kolone tongkat menambah suasana menjadi semarak yang berlangsung selama 4 hari.

Yanyan Yanuardi SE, Kepala Bidang Pemberdayaan Pemuda pada Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Tangsel mengatakan, acara tersebut di persembahkan untuk mensosialisasikan SOTK baru yakni Bidang Pramuka terbentuk.

“Selain untuk memperingati Hari Pramuka yang ke 60 dan memeriahkan HUT Tangsel yang ke 13, acara lomba ini sebagai support agar susunan organisasi dan tata kerja (SOTK) yang akan menaungi khusus bidang kepramukaan di dispora Tangsel,”ucap Yanyan.

Di katakannya, dalam mendorong keberadaan bidang khusus kepramukaan, Dispora mengadakan serangkaian kegiatan lomba guna memperkenalkan kegiatan pramuka kepada Pemuda Tangsel khususnya.

“Lomba Yel-yel dan Kolone Tongkat merupakan lomba turunan yang ada dari LT V atau Raimuna Pramuka tingkat Nasional. Namun, kami akan perkenalkan kolone tongkat yang dimiliki Tangsel, kami aplikasikan kolone ini dengan gerakan silat atau beladiri sehingga punya ciri khas dan warna baru,” tegas Yanyan kepada wartawan, Selasa (16/11/2021).

Selanjutnya, acara yang telah berlangsung selama 4 hari yang mulai sejak tanggal 14, 15, 16 dan 17 November 2021 akan di nilai oleh Team Juri dari Pusdiklatcab Tunas Madani.

“Dari sisi penilaian lomba yang di nilai oleh Juri, Intinya yel yel dan kolone tongkat tersebut harus bermuatan semangat patriotisme dan nasionalisme. Lumayan seru sih,” paparnya.

Masih menurut Yanyan, ia menegaskan, acara puncak dan pemberian hadiah akan berlangsung di acara inti berbarengan dengan acara Talkshow para Tokoh Pramuka Tangsel dan Launching Tangsel Scout Comunity. (Adt)

To Top