Connect with us

Wujudkan Kota Bersih, Tangsel Siap Ikut Serta Program Kemenkes 2017

Info SKPD

Wujudkan Kota Bersih, Tangsel Siap Ikut Serta Program Kemenkes 2017

Dalam ajang kesertaan Kota Sehat Tingkat Nasional yang diseleggarakan oleh Kementrian Kesehatan RI Tahun 2017, Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany menerima langsung Ketua Tim Verifikasi Kota Sehat Sofwan di Aula lantai 4 Balai Kota Tangsel, Maruga, Ciputat, Kamis (26/10/17).

Walikota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany dalam sambutannya mengungkapkan bahwa dalam rangka Kota Tangerang Selatan menuju Kota Sehat, Pemerintah telah melakukan upaya, salah satunya Kota Tangsel meraih penghargaan Kota Sehat yaitu Swasti Saba Padapa oleh Kementerian Kesehatan RI dan 2 Penghargaan Kota Sehat Tingkat Provinsi Banten yaitu Swasti Saba Padapa dan Swasti Saba Wiwerda. Menurutnya, penghargaan ini menjadi motivasi bagi seluruh pemangku kepentingan yang ada di Kota Tangerang Selatan baik dari Pemerintah Kota, Dewan, Perusahaan Swasta dan Masyarakat. Selain itu, menjadi Sebuah bahan evaluasi bagi Pemerintah Kota agar dapat terus meningkatkan hasil yang terbaik.

“Tidak mungkin kita bisa mewujudkan Kota Tangsel sebagai kota sehat apabila tidak adanya koordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan. mudah – mudahan dengan adanya proses penghargaan, ini menjadi sebuah bahan evaluasi. apa yang sudah baik, terus ditingkatkan dan apa yang kurang, jadi bahan evaluasi untuk dapat diperbaiki sehingga dapat memberikan yang terbaik khususnya menjadikan Kota Tangsel sebagai kota sehat,” jelas Airin.

Airin berharap, Kota Tangsel dapat mempertahankan dan terus meningkatkan upaya-upaya dalam rangka mewujudkan kota Tangsel dan mudah-mudahan tahun ini Kota Tangsel bisa meraih kembali penghargaan tingkat nasional Swasti Saba Wiwerda.

“Terkait dengan hal ini, saya sangat mengharapkan keseriusan dan kerja maksimal dari semua yang terlibat dalam gak ini. Saya berharap,semua yang keterkaitan dapat memusatjan perhatian untuk dapat meraih penghargaan yang kita harapkan,” katanya.

Pemkot sudah berusaha maksimal untuk memberikan yang terbaik. “Kami berharap apa yang kami lakukan mendapatkan apresiasi yang maksimal, dan saya sangat berharap kita semua memiliki kesamaan persepsi dan mau bekerjasama untuk membangun kota sehat,” singkatnya.

Sementara Ketua Tim Verifikasi Kota Sehat Tingkat nasional, Sofwan menjelaskan, bahwa verifikasi ini merupakan kegiatan Mukti sektor dari SKPD yang terlibat yang intinya merupakan penilaian dari pusat ke pemerintahan daerah dan kota.

“Ada 172 Kota/Kabupaten yang masuk dalam verifikasi kota sehat, salah satunya Tangsel, untuk di Banten sendiri yang masuk dalam verifikasi yakni Serang, Kota Tangerang dan Tangsel,”ungkapnya.

Dia mengungkapkan, verifikasi yang sudah dilakukan berupa dokumen kegiatan, yang sudah dikirim sejak April 2017 dan ini merupakan verifikasi dilapangan dengan menilai  sarapa prasarana kesehatan penilaian dilakukan di Puskesmas Pamulang, industri dan pekerjaan, sosial. (rls Humas)

To Top