Connect with us

Sehari, Tangsel Raih Penghargaan Natamukti Nindya Dan Swasti Saba Wiwerda 2017

Advertorial

Sehari, Tangsel Raih Penghargaan Natamukti Nindya Dan Swasti Saba Wiwerda 2017

Dalam kurun waktu sehari Kota Tangerang Selatan (Tangsel) didapuk sebagai kota terbaik untuk iklim ekonomi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) ‘Natamukti Nindya 2017’ dan Kota sehat ‘Swasti Saba Wiwerda 2017’. Dua penghargaan tersebut diterima langsung Walikota Tangsel Hj. Airin Rachmi Diany di Jakarta.

Penghargaan Natamukti Nindya 2017

Penghargaan Natamukti Nindya 2017 diberikan pada acara Indonesia Council of Small Business (ICSB) ‘Indonesia City Award’ di Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) , Jakarta. Penghargaan pun diberikan Menteri Koperasi dan UMK Anak Agung Gede Ngurah Puspayogayang didampingi President ICSB, Hermawan Kartawijaya.

Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany menjelaskan, tangsel meraih Natamukti Nindya karena UMKM di Kota Tangsel berkembang pesat. ”Keunggulan Kota Tangsel, iklim ekonomi UMKM-nya dinilai terbaik karena berhasil menembus pasar internasional,” katanya.

Airin menambahkan, kemajuan UMKM juga ditunjang dengan berbagai program untuk memudahkan UMKM seperti pemasaran produk, pemberian logo halal, pembuatan ijin, pembuatan kemasan, dan promosi baik di dalam maupun diluar negeri.

Presiden ICSB Hermawan Kertajaya mengatakan, Pemerintah Kota Tangsel dapat menjadi contoh dalam peningkatan geliat UMKM bagi Kota/Kabupaten lain di Indonesia. “Penghargaan natamukti nindya ini Kota Tangsel yang diterima langsung oleh Walikotanya yakni Airin Rachmi Diany, Kabupaten Kulon Progo yang diterima langsung oleh Kadis Perindustrian dan Perdagangan, dan Kota Makasar yang diterima langsung oleh Kadis Koperasi dan UKM,” jelasnya.

Dengan adanya penghargaan ICSB ini, Hermawan berharap dapat Memotivasi para Kepala Daerah agar lebih memperhatikan UMKM di semua daerah.

“Natamukti yang dalam sansakerta berarti Pemimpin yang Mulia diharapkan dapat memotivasi Para Kepala Daerah untuk lebih memperhatikan UMKM di daerahnya,” pungkasnya.

Penghargaan Swasti Saba Wiwerda 2017

Penghargaan Swasti Saba Wiwerda ini meliputi tiga sampai empat tatanan yang dinilai oleh Kementerian Kesehatan berkerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Penghargaan selanjutnya ditunjukkan bagi Kota Tangsel dengan menyiapkan empat tatanan yang menjadi objek penilaian,yakni Tatanan Perkantoran Sehat, Tatanan Kawasan Pariwisata Sehat, Tatanan Kawasan Permukiman, Sarana Sehat dan Tatanan Kehidupan Masyarakat yang Sehat Mandiri. Dengan penilaian sebagai berikut Bank sampah, Kelurahan Benda Baru dengan penilaian satu rumah satu Jumantik, posbindu,gang cantik,Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany, mengungkapkan, bangga dengan penghargaan yang diterima ini. Penghargaan ini menjadi motivasi bagi peningkatan kinerja aparatur Pemkot Tangsel dan masyarakat Kota Tangsel untuk selalu menjaga lingkungan agar lebih baik lagi.

Meraihnya penghargaan ini merupakan tugas berat bagi kota termuda di Provinsi Banten untuk terus mempertahankannya dan meningkatkan pelaksanaan Kota Sehat dengan menambah tatanan lain yang dibutuhkan masyarakat.

Hal itu menurutnya, menjadi tantangan bagi pembangunan Kota Tangsel terutama bidang kesehatan. “Dalam pelaksanaannya diperlukan kerja sama antara pemerintah dan Forum Kota Sehat dengan melibatkan peran serta dari semua lapisan masyarakat,” jelasnya.

Penghargaan yang diterima ini, tegas Airin menunjukan Kota Tangsel, kota yang sehat untuk dihuni.”Kota yang aman, nyaman dan sehat artinya kota kita sangat layak untuk dihuni,” tegasnya.

Tangsel merupakan salah satu Kota/Kabupaten di Indonesia yang mengikuti verifikasi Kota/Kabupaten bersama dengan 173 lainnya yang ada di Indonesia.

“Penghargaan kota sehat ini bertujuan untuk mewujudkan kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat yang dilakukan dari berbagai elemen masyarakat,” ungkapnya.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel Suhara Manullang mengungkapkan, penilaian yang berkompeten dua tahun sekali ini, Kota Tangsel menunjukan peningkatan yang sangat segnifikan sejak mendapat penghargaan Swasti Saba Padapa (dua tatanan) dan sekarang meraih Swasti Saba Wiwerda.

“Kota Tangsel menambah tatanan Kehidupan Sosial Sehat, sehingga menjadi empat tatanan dan mendapatkan penghargaan Swasti Saba Wiwerda (Kota Sehat dengan 3-4 tatanan). Karena itu, tahun mendatang Tangsel harus mendapat penghargaan Swasti Saba Wistara (5 tatanan ke atas), atau setidaknya mempertahankannya,” ungkapnya.

Diketahui bersama, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) meraih Swasti Saba Wiwerda tingkat nasional tahun 2017, naik dua tatanan dibandingkan tahun sebelumnya meraih Swasti Saba Padapa. (ADV)

 

Continue Reading
Advertisement
To Top