Connect with us

Banten Butuh Community Center Seperti Konsep ARD Di Tangsel

BANTEN OKE

Banten Butuh Community Center Seperti Konsep ARD Di Tangsel

Area publik kini menjadi sebuah kebutuhan bagi masyarakat yang ingin sekedar melepas penat dari rutinitas, dan membutuhkan sebuah area yang bisa mempertemukan masyarakat lainnya di dalam tempat yang sama, warga bisa memanfaatkan beragam fasilitas yang dibuat, misal olahraga hingga hiburan lainnya.

Di Tangerang Selatan, efek kinerja Airin Rachmi Diany (ARD), masyarakat Tangsel ramai memanfaatkan community center. Konsep Community center ini merupakan peninggalan Airin Rachmi Diany ketika menjabat Walikota Tangerang Selatan selama dua periode.

Di community center, masyarakat Tangerang Selatan bukan hanya bisa berkumpul dan saling bertegur sapa. Masyarakat bisa memanfaatkan beragam fasilitas yang dibuat.

Community Center Pamulang, misalnya, warga bisa memanfaatkan beragam area olahraga, mulai dari lapangan sepak bola, basket, futsal, hingga panjat dinding. Tak heran area publik ini kerap ramai pengunjung. Bahkan bukan hanya di akhir pekan.

Di sisi lain, kehadiran ruang-ruang publik, sejatinya bentuk komitmen dan usaha kepala daerah untuk membahagiakan warganya. Serupa yang dilakukan mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dengan membangun ruang terbuka hijau (RTH). Peninggalan Ahok, kini dilanjutkan Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi. Heru kembali menggaungkan kebermanfaatan ruang terbuka hijau.

Heru sadar, pemanfaatan ruang-ruang publik, seperti ruang terbuka hijau, punya banyak manfaat. Selain memfasilitas masyarakat, juga membuat warga bahagia, ruang-ruang publik sekaligus menjadi wajah daerah dalam memanfaatkan ruang.

Kini, panggung Airin akan semakin luas, lantaran Airin bakal mengikuti kontestasi Pilkada Banten pada 2024. Keputusan yang akhirnya banyak mendapat dukungan masyarakat Banten. Ada banyak pemberitaan dan informasi yang mengarah pada dukungan warga Banten untuk Airin.

Azka Nisa, mahasiswi pascasarjana Universitas Indonesia yang tinggal di Pamulang menyebut peninggalan Airin di Tangerang Selatan yang telah menyediakan ruang-ruang publik dengan beragam fungsi, layak diaplikasi hingga Banten.

“Saya terbayang setiap wilayah yang ada di Banten memiliki ruang-ruang publik macam community center. Jika terwujud, jelas akan ada perbaikan kualitas hidup dan dengan sendirinya indeks kebehagiaan masyarakat Banten diharap bisa meningkat juga,” ujarnya kepada media, Jum’at (18/11).

Menurutnya masyarakat bukan hanya bisa memanfaatkan ruang-ruang publik itu untuk kebutuhan rekreatif, tapi juga bertukar sapa dan semakin dekat dengan warga lainnya. (Red).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top