Connect with us

Peringati Hari Puisi, Komunitas Penulis Nyi Mas Melati Gelar Pentas Seni

BANTEN OKE

Peringati Hari Puisi, Komunitas Penulis Nyi Mas Melati Gelar Pentas Seni

Komunitas Penulis Nyi Mas Melati yang berbasis literasi dan kesenian ini akan memperingati Hari Puisi Indonesia 2017 di Aula Lt.4 Gedung Windu Karya, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah, Jl. Daan Mogot No.1 Kec. Tangerang, Kota Tangerang pada hari Sabtu (29/7) mendatang.

Peringatan Hari Puisi Indonesia ini akan dihadiri oleh bintang tamu penyair perempuan Indonesia yaitu, Rini Intama yang sebelumnya dinobatkan sebagai penyair yang menjuarai buku kumpulan puisi tingkat Nasional tahun 2016, dengan buku yang berjudul “Kidung Cisadane”. Peringatan ini juga dihadiri oleh Saefullah Alabarokms sebagai bintang tamu, seniman yang juga sebagai Dosen Sastra di Universitas Muhammadiyah Tangerang .

Selain itu, dalam acara ini akan diisi oleh beberapa kegiatan seperti, pembacaan puisi oleh Fiky Fauzi penyair dari Teluk Naga dan beberapa anggota Komunitas lainnya. Monolog puisi yang akan dibawakan oleh aktris monolog kota Tangerang Pola Malinda sebagai ciri khas komunitas. Musikalisasi puisi karya-karya penyair muda D Pebrian dan Suci Sulistyowati. Celoteh puisi yang akan disampaikan oleh Budayawan sekaligus Redaktur Senior Tangsel Pos Budi Sabarudin.

“Peringatan ini adalah salah satu cara untuk membaca peradaban yaitu dengan membaca puisi. Oleh karenanya hari puisi Indonesia 2017 harus dilaksanakan oleh komunitas penulis khususnya yang berada di wilayah Tangerang sebagai wujud untuk mengenal puisi lebih dekat sehingga memberikan efek perubahan karakter dan akhlak,” ungkap Fiky Fauzi sebagai ketua pelaksana di peringatan Hari Puisi Indonesia ini, yang juga penyair dari Teluk Naga.

Tidak kalah pentingnya lanjut Fiky, dalam kegiatan Hari Puisi Indonesia ini juga akan digelar bincang puisi yang berakaitan dengan kebudayaan secara umum disampaikan oleh kedua bintang tamu Rini Intama dan Saefullah Alabarokms. Lebih jauh Fiky menjelaskan, acara peringatan Hari Puisi ini dikemas dengan sebaik mungkin sebagai bentuk kepedulian terhadap sastra dan puisi di wilayah Tangerang. “Kami mengajak seluruh elemen masyarakat untuk hadir dalam acara kami” ajak Fiky.

Ketua umum Komunitas Penulis Nyi Mas Melati Tangerang D Pebrian menjelaskan bahwa acara peringatan Hari Puisi Indonesia adalah momentum untuk mengenalkan puisi sebagai salah satu bentuk ekpresi jiwa yang disampaikan dengan cara damai dan estetis. Momentum ini perlu dirawat kedepannya agar tidak hilang, khususnya untuk komunitas ini yang anggotanya didominasi oleh mahasiswa dan guru. “Saya berharap Komunitas ini menjadi pusat kebudayaan di bidang sastra dan literasi di kota Tangerang,” ujar D Pebrian, yang juga Mahasiswa Pascasarjana di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

D Pebrian juga menegaskan, Hari Puisi Indonesia yang diselenggarakan oleh Komunitas Penulis Nyi Mas Melati Tangerang ini mengangkat tema “Berpuisi dan Mencintai Negeri” dapat memberikan stimulus kepada para masyarakat bahwa menulis puisi bisa memberikan efek baik karena keestetisannya. Memperingati Hari Puisi Indonesia ini juga salah satu mencintai negeri untuk melestarikan khasanah literasi di Indonesia pada umumnya.

Rini Intama, bintang tamu acara Hari Puisi Indonesia 2017 juga menambahkan kebanggaannya terhadap sekelompok anak muda yang tergabung dalam komunitas penulis ini begitu peduli pada sastra. “Saya berharap dengan diselenggarakannya perayaan Hari Puisi Indonesia di Tangerang oleh Komunitas Penulis Nyi Mas Melati, ini bisa memotivasi dan menumbuhkan minat anak-anak muda pada sastra khususya di Tangerang.” Paparnya. (Peb)

Continue Reading
Advertisement
To Top