Connect with us

TPAS Rawa Kucing Akan Dibentuk Menjadi Padang Savana

Info Tangerang

TPAS Rawa Kucing Akan Dibentuk Menjadi Padang Savana

Upaya mengelola lingkungan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Rawa Kucing terus dilakukan. Inovasi yang akan dilakukan adalah dengan mengubah gunungan-gunungan sampah yang sudah tertimbun lama dijadikan sebuah bukit yang nantinya menjadi sebuah pemandangan padang rumput (savana).

Kasubag Tata Usaha (TU) TPA Rawa Kucing, Masan mengatakan, ide tersebut didapatnya ketika mengikuti pendidikan dan pelatihan oleh Badan Kepegawaian Provinsi Banten beberapa waktu lalu.

“Salah satu ujian yang harus saya kerjakan adalah untuk membuat sebuah inovasi baru di tempat bekerja, sehingga saya tertantang untuk membuat sebuah TPA yang ramah lingkungan,” ungkapnya.

Masan memaparkan, bukit tersebut berdiri diatas lahan seluas 1200 meter dengan ketinggian mencapai 15 meter.

“Seluruh permukaan bukit ditanami rerumputan, sedangkan pada sepanjang jalur akan ditanam berbagai jenis tumbuhan, baik yang berbuah ataupun tidak,” ungkapnya.

Pria berkumis tebal itu melanjutkan, bahwa tanah yang digunakan untuk membuat menjadi sebuah bukit berasal dari kolam resapan air.

“Insya Allah meskipun bukit ini banyak menggunakan tanah yang bercampur sampah, tetapi akan tetap aman dan kokoh. Karena sampah yang berbeda dibawah sini sudah non aktif lagi,” lanjutnya.

Namun, Masan pun menyayangkan akses untuk menuju bukit savana yang baru dibuatnya pada bulan lalu itu masih buruk kondisinya. Pasalnya, bukit savana tersebut sangat berpotensi menjadi lokasi wisata baru.

“Insya Allah dalam waktu dekat saya akan mengundang Walikota untuk datang kesini. Dan saya juga akan meminta pendapat beliau atas lokasi ini, apakah layak atau tidak dijadikan lokasi wisata,” pungkasnya. (Toid)

To Top