Connect with us

KJD Buka Festival Doank 2

Ciputat

KJD Buka Festival Doank 2

Kandank Jurank Doank (KJD) mengadakan Festival Doank 2 secara gratis di komplek Pondok Sawah Indah, Ciputat, Tangerang Selatan (Tangsel), Minggu (22/05/2016). Festival tersebut ditujukan untuk memperingati hari jadi ke-15 Kandank Jurank Doank.

Acara yang ditampilkan pada festival juga beragam, mulai dari musik yang diisi oleh band-band indie, salah satunya KunoKini yang merupakan group musik ethnik yang memadukan unsur tradisional dan modern dalam komposisinya. Selain itu, digelar workshop salah satunya workshop mural, penampilan dari kelas- kelas KJD dan berbagai macam jenis bazar.

Dalam festival ini juga terdapat pendaftaran kelas KJD bagi pengunjung yang ingin mendaftarkan dirinya untuk menjadi anggota kelas KJD. Sedangkan kelas-kelas yang ada di KJD sendiri bermacam-macam yaitu ada kelas Kriya, Gitar, Vokal, Perkusi, Tari Tradisional, Keyboard, Saxophone, Photography, Design, Drawing, Violin, dan Theater.

Ketua acara Festival Doank 2, Ristiadi Prasetyo mengatakan, festival yang diadakan ini mengusung tema musim panen sehingga konsep yang dibuat pada festival tersebut memanfaatkan sarana yang ada pada tempat tersebut.

“Di sini sih kita lebih memanfaatkan sumber daya yang sudah ada contohnya di sini sudah ada panggung jadi di Kandank Jurank Doank ini sudah ada sumber daya buat panggung yang kita gunain dan ada nuansa alam dengan tema kali inikan musim panen dan pas banget background dari panggung itu langsung sawah jadi kita memanfaatkan sarana yang udah ada disini,” ujar Ristiadi Prasetyo yang akrab disapa Tyo.

Tyo juga mengatakan alasannya menggunakan tema tersebut karena merasa gelisah dengan petani yang semakin berkurang dan banyak yang memilih sebagai pekerja kantoran.

“Karena kita merasa gelisah dengan keadaan sekarang yang sawah-sawah seperti terkikis, orang- orang juga banyak yang memilih sebagai kantoran, jarang ada yang mau jadi petani,” ucapnya.

Festival ini juga diselenggarakan dengan tujuan untuk memperkenalkan kepada pengunjung bahwa Kandank Jurank Doank terdapat kelas-kelas seni.

“Tujuannya mau memperkenalkan serta narik anak- anak yang punya minat seni dan mencari apa yang mau mereka pelajari, sayang kalau hanya buat main- main, mendingan belajar disini,” ujar salah satu panitia Festival Doank, Irwan Fattah.

Selain itu juga, Irwan mengatakan dengan melalui festival ini, Kandank Jurank Doank bisa menunjukan eksistensinya kalau yang dulunya adalah sekolah pinggiran tapi sekarang sudah menjadi sekolah seni.

“Kita juga ingin menunjukan eksistensi Kandank Jurank Doank yang awalnya dikenal sebagai sekolah pinggiran tapi sekarang kita bisa bangkit dan bisa menunjukan bahwa kita sekarang udah bukan sekolah pinggiran tapi sekolah seni,” ucap Irwan yang merupakan guru vocal di Kandank Jurank Doank.

Para pengunjung yang datang terlihat sangat antusias sekali, salah satunya Fira yang datang dengan teman sekolahnya. “Saya pribadi sih suka dengan festivalnya terutama konsep festival yang dipakai juga natural, terus juga penampilannya lumayan seru,” pungkasnya.

Dengan diadakannya festival ini Irwan berharap semoga pengunjung yang datang bisa menjadi bagian dari keluarga besar KJD.

“Harapannya mereka yang datang ke sini bukan hanya ingin melihat festivalnya saja tapi ingin menjadi sahabat baru Kandank Jurank Doank dan bisa menyebarkan dampak positif untuk Kandank Jurank Ooank,” beber Irwan. (to/tl)

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

Info SKPD

To Top