Connect with us

Perpustakaan Sepi Peminat

Info Tangsel

Perpustakaan Sepi Peminat

library_utah18.143.23.153- Perpustakaan di Kota Tangsel masih sepi pengunjung, baik dari kalangan umum maupun Pegawai Negeri Sipil. Hal ini diduga karena sarana dan prasarana yang tidak memadai.

Misal, gedungnya saja masih menyewa dan menyatu dengan kantor  Perpustakaan di Kecamatan Pamulang. Selain itu koleksi buku ang ada saat ini masih kurang. Perpustakaan masih kekurangan sekitar 7.000 buku.

Setidaknya poin itulah yang diungkap Wakil Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Kota Tangsel. Sugeng Santoso, Senin (18/3). Kata dia, jika sarana dan prasarana pendukung itu belum memadai,bagaimana Tangsel bisa meningkatkan minat baca masyarakat.

“Bagaimana masyarakat mau berkunjung ke perpustakaan, jika sarana dan prasarananya tidak memadai,” ungkapnya.

Untuk menyiasati agar minat baca tetap meningkat, Sugen memberikan saran. Salah satunya membangun Taman Pintar seperti di Jogjakarta. “di Taman Pintar itu tidak hanya buku-buku perpustakaan saja, tetapi dilengkapi dengan taman-taman bermain dan café-café agar menarik masyarakat untuk membaca,” kata Politisi Partai Demokrat tersebut.

Kepala Kantor Perpustakaan Kota Tangsel, Chaerudin mengakui minat membaca masyarakat masih kurang. Meski demikian, upaya ke arah itu terus diupayakan. “Kota Tangsel telah memiliki 54 Taman Bacaan Masyarakat. Ini pun dapat mendorong masyarakat dalam meningkatkan minat baca,” ucapnya.

Selain itu, sambung Chaerudin, Kantor Perpustakaan Tangsel juga telah menyediakan delapan operasional untuk perpustakaan keliling. Setiap harinya kendaraan tersebut berkeliling ke sekolah-sekolah dan tempat umum seperti pusat perbelanjaan. “Untuk kendaraan perpustakaan keliling sudah dijadwalkan ke sekolah-sekolah,” imbuh Chaerudin.

Terkait pembangunan gedung perpustakaan, ia menjelaskan, saat ini sudah dalam Feasibility Study (FS). Rencananya gedung tersebut bakal dibangun di kawasan kelurahan Rawa Buntu, Kecamatan Serpong dengan luas lahan 5.000 meter persegi. “Kemungkinan 2014 mulai pembangunan, sekarang baru tahap FS,” jelasnya. (Sumber: TP)

Continue Reading
Advertisement
You may also like...
To Top