Connect with us

Perpustakaan di Seratus Masjid

Edukasi

Perpustakaan di Seratus Masjid

Publikasi- Kabar gembira untuk umat muslim di Tangerang Selatan, Kantor Perpustakaan Daerah (Perpusda) menggagas untuk membuat perpustakaan di seratus masjid yang tersebar di 45 kelurahan dari 7 kecamatan yang berada di wilayah Kota Tangerang Selatan. Rencana tersebut sedang diajukan Kantor Perpustakaan dalam pogram anggaran 2013 mendatang.

“Untuk menumbuhkan dan mengembangkan minat baca di kalangan warga, kami sedang menyiapkan program perpustakaan untuk masjid. Tahap awal, kami akan menyiapkan masjid percontohan, yang nantinya akan ada 100 masjid yang akan dibuatkan perpustakaan di seluruh Kota Tangsel,” papar Chaerudin, Kepala Kantor Perpusda.

Fasilitas yang ada saat ini masih terbatas pada pemanfaatan 1 lokal perpustakaan, 8 unit mobil perpustakaan kelilling, dan 42 taman bacaan saja. Sedangkan untuk perpustakaan di tingkat kecamatan hingga kelurahan milik pemerintah belum ada.

Chaerudin menegaskan bahwa tujuan adanya perpustakaan di masjid sebagai bagian dari upaya pemerintah dalam menggiatkan pusat kajian dan pencerdasan bagi umat. “Kalau di beberapa negara lain, masjid menjadi pusat kajian dan pencerdasan umat. Salah satu tujuan kami juga itu, sebagai sentra pencerdasan sekaligus untuk menguatkan visi kota yang cerdas, modern, dan religius,” jelasnya. (Pub**)

Continue Reading
Advertisement
You may also like...
To Top