Connect with us

Pemkot Akan Membangun Perpustakaan Multimedia di Tangsel

Edukasi

Pemkot Akan Membangun Perpustakaan Multimedia di Tangsel

Multimedia-libraryTANGSELOKE.com- Tahun depan, Kota Tangsel akan membangun perpustakaan bertaraf internasional yang berlokasi di BSD sektor 12, Kelurahan Rawa Buntu, Kecamatan Serpong.

Perpustakaan itu akan berdiri di atas area fasilitas sosial (fasos) seluas 5 ribu meter persegi, dan akan dibangung empat lantai.

“Kenapa disebut bertaraf internasional, karena akan diisi ribuan koleksi buku, dan juga ruang multimedia yang berisi teknologi audio visual untuk menonton film edukasi dan pembahasan karya seni budaya,” jelas Kepala Perpusda Kota Tangsel Chaerudin, (7/7).

Ruang multimedia itu, kata dia, akan diletakan di lantai dua. Sedangkan lantasi satu yang sekaligus ruang masuk perpustakaan bakal digunakan untuk ruang baca dan koleksi buku.

Sedikitnya 7 ribu koleksi judul buku disediakan di lantasi satu itu. Untuk kapasitasnya sendiri diprediksi bisa menampung 25 ribu buku.

“Saat ini saja sudah ada 4.915 judul dan 20.946 buku yang tersedia di perpustakaan. Jika setiap tahun ada penambahan 1.600 buku, kami prediksi bisa bertambah minimal 25 ribu buku,” ungkapnya.

Di lantai tiga bangunan itu, lanjutnya, akan digunakan untuk perkantoran dan arsip perpustakaan, kemudian lantai empat untuk pengelolaan buku masuk dan keluar.

Untuk pengunjung, Chaerudin memperkirakan bisa menampung 2.500 pengunjung setiap harinya. “Kami juga menyekat tempat berdasarkan usia. Mulai dari 4 tahun hingga usia dewasa,” paparnya.

Ia berharap rencana ini berjalan lancar karena bisa mewujudkan motto Tangsel sebagai kota cerdas. “Bila dibangun 2014, diperkirakan selesai awal 2016,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Masyarakat Gemar Membaca (Magma) Herlina Mustikasari menyambut baik adanya perpus bertaraf internasional di Tangsel. “Senang jika ini bisa terwujud, taman baca yang ada di Tangsel bisa meminjam buku di Perpus tersebut,” ungkapnya. (TP)

Continue Reading
Advertisement
To Top