Connect with us

Wow! Revitalisasi Tugu Pamulang Memakan Anggaran hingga Rp700 Juta

Acara Peresmian Tugu Pamulang

Info Tangsel

Wow! Revitalisasi Tugu Pamulang Memakan Anggaran hingga Rp700 Juta

Paska revitalisasi dan diadakan sayembara Tugu Pamulang, kini tampil wajah baru yang sudah sejak 2018 lalu terlihat kusam dan tidak mewarnai ikon Kota Tangerang Selatan (Tangsel) tersebut.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Banten, Arlan Marzan menyebutkan, revitalisasi pembangunan Tugu Pamulang, telah menelan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tahun 2021 yang tak sedikit nominal nya, karena jumlah kebutuhan terus bertambah jika dibandingkan dengan kebutuhan diawal.

“Total anggarannya mencapai Rp700 juta. Dari awalnya Rp400 juta, kita anggarkan kembali Rp200 juta. Kemudian hasil sayembara kita koordinasi,” ungkapnya kepada Tangseloke.com usai peresmian Tugu Pamulang, Sabtu (8/01/2022).

Arlan menjelaskan, anggaran itu melejit lantaran adanya permintaan khusus material, berdasarkan hasil koordinasi bersama pemenang sayembara dan dewan juri.

“Kebetulan selama pelaksanaan, untuk material-material pembangunannya itu langsung dari dewan juri dan pemenang. Mereka langsung ikut dalam perencanaan. Jadi anggaran menjadi Rp700 juta totalnya,” terangnya.

Sementara, Gubernur Provinsi Banten Wahidin Halim dalam sambutan nya menyampaikan, bangunan ini telah direnovasi total dengan segala kelengkapan seluruh bangunannya, mulai dari sisi paling bawah sampai puncak tugu bagian atas dengan masing-masing di setiap sudut ornamen nya mempunyai nilai filosofis tersendiri.

“Secara budaya, sejarah, dan kultur, diambil dari sejarah Kota Tangsel dan Banten dari berbagai simbol,” ujarnya.

Wahidin berharap, bangunan yang bakal menjadi ikon Kota Tangsel ini, dapat menjadi kebanggaan khususnya bagi warga Pamulang

“Ini bisa menjadi kebanggan warga Pamulang dan dapat dinikmati khalayak ramai saat melintas di bundaran tersebut,” tutupnya. (Eno/Ily)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top