Connect with us

Manfaat dan Keberkahan Menyantuni Anak Yatim

Ilustrasi

Edukasi

Manfaat dan Keberkahan Menyantuni Anak Yatim

Setiap perbuatan baik pasti akan memberikan dampak yang baik. Allah telah menjamin balasan berupa kebaikan juga bagi yang melakukannya,
“Tidak ada balasan kebaikan kecuali kebaikan (pula)”. QS. Ar-Rahman: 60.

Menjadi orang-orang yang beruntung tentu saja harus bisa melakukan perbuatan yang senantiasa di ridhoi Allah SWT. Banyak perbuatan baik yang dapat kita lakukan, salah satunya ialah menyantuni anak-anak yatim dan mengasihi para fakir miskin. Hikmah dan manfaat yang akan kita dapatkan dari perbuatan ini sungguh luar biasa. Selain itu, menyantuni anak-anak yatim dan mengasihi fakir miskin merupakan perintah Allah SWT.

“Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang Ibu-Bapa, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, dan teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membanggakan diri” (Q.S. An-Nisa’ : 36).

Eko Yuliadi, Pensiunan Bank Mandiri, yang tinggal di Jl. Aster II Blok F7/21 Sektor 1.5 Griya Loka, Kel. Lengkong Gudang Timur, Kec. Serpong, yang sudah terbiasa mengadakan santunan di masjid mengatakan, setiap orang yg bersedekah akan tentram hati nya, dimudahkan segala urusannya, diluaskan jalan rejekinya, akan timbul rasa nasionalisme serta mempunyai semangat nahi mungkar.

Manfaat dan keberkahan yang akan didapatkan apabila kita selalu berbuat baik terutama kepada anak-anak yatim dan fakir miskin itu sangatlah banyak.

“Jamaah yg sering bersedekah dengan santunan anak yatim piatu dan fakir miskin, manfaat dan keberkahannya sangatlah banyak,” kata Eko kepada wartawan, Rabu (4/8/2021).

Lanjutnya, “dari beberapa keberkahan, Allah menjanjikan hidupnya ditanggung tentram dan bahagia serta dijauhkan dari bahaya yang akan menimpa diri dan keluarga nya”.

Selain kebahagiaan didunia, kata Eko, dalam hadist menyatakan bahwa orang yang gemar dalam menyantuni anak-anak yatim dan fakir miskin akan masuk kedalam surga.

“Barang siapa yang mengikutsertakan seorang anak yatim diantara dua orangtua yang muslim, dalam makan dan minumnya, sehingga mncukupinya maka ia pasti akan masuk surga” ( H.R. Abu Ya’la dan Thobroni, Shohih At Targhib, Al-Albaniy).

Eko menyampaikan, Bagi jamaah/pihak yang ingin bergabung dan turut berkontribusi silahkan melalui rekening donasi, BSI Tabungan Kc. Tangerang BSD 7167064331 A/N Eko Yuliadi. Saat mentransfer harap cantumkan kode ‘5’ dibelakang nominal, contoh: Fulan Transfer Rp. 500.005.00. Bukti transfer kirim ke nmr WA 081932092865.

“Nantinya, kami akan salurkan dengan bentuk santunan anak yatim piatu, fakir misikin dan lainnya yang terdampak besar pandem Covid-19. Semoga dari uluran tangan kita banyak memberikan manfaat bagi sesama yang membutuhkan,” pungkasnya. (Eno).

To Top