Connect with us

TPA Cipeucang Longsor, SAIH Foundation Desak Pemkot Normalisasi Sungai

Info Tangsel

TPA Cipeucang Longsor, SAIH Foundation Desak Pemkot Normalisasi Sungai

Kejadian longsor di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipeucang milik Pemerintah Kota Tangerang Selatan pada pukul 04.30 dini hari tadi menyebabkan sampah sampai menutupi badan Sungai Cisadane.

Daniel Nainggolan Kordinator Pemuda Pengiat Lingkungan (PPL) Tangerang dalam keterangan kepada radaksi Jumat 22/05/2020 mengungkapkan, penyebab dari kejadian itu adalah buruknya tata kelola TPA Cipeucang Tangerang Selatan.

Hal ini merupakan kelalaian Pemkot Tangsel dalam mengelola TPA, dan berdampak langsung kepada Sungai Cisadane.  Daniel menambahkan, pengelolaan sampah oleh Pemkot Tangerang Selatan harus sesuai dengan Peraturan Mentri PU No 03/PRT/M/2013 Tentang Penyelenggaraan Prasarana dan Sarana Persampahan Dalam Penanganan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Rumah Tangga.

“Dalam hal ini kami mendorong Pemkot tangsel melakukan pembenahan TPA cipecang dengan melakukan review masterplan pengelolaan sampah TPA Cipecang tangsel,” ujar Daniel Yang Juga Pengurus Saba Alam Indonesia Hijau (SAIH FOUNDATION).

Ia menekankan, masterplan pengelolan smpah itu harus memperhatikan lima aspek, yakni aspek hukum, kelembagaan, pendanaan, teknologi dan sosial budaya. “Dan Pasca longsornya sampah di TPA Cipeucang kita minta Kembalikan dan normalisasi sungai cisadane kembali. Jangan hanya di diamkan wajib normalisasi karna ini akan berpotensi pencemaran laut jawa,” tandasnya. (Red/rls/Dh).

Continue Reading
Advertisement
To Top