Connect with us

Walikota Tangsel Ingatkan SKPD Untuk Pantau Harga Kebutuhan Pokok Secara Berkala

Info SKPD

Walikota Tangsel Ingatkan SKPD Untuk Pantau Harga Kebutuhan Pokok Secara Berkala

Guna menekan angka inflasi selama bulan Ramadan dan Idul Fitri 1437 H di Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Pemerintah setempat menggelar rapat Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID).

Walikota Airin Rachmi Diany menyampaikan, bahwa  sesuai dengan instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) bahwa setiap Kepala Daerah harus memperhatikan sejumlah hal terkait kebutuhan pasokan pangan khususnya selama bulan Ramadan dan Hari Raya IdulFitri 1437 H.

“Kita harus memantau perkembangan harga harian secara intensif di pasar dan bila terjadi kenaikan harga yang di luar kewajaran, mengambil langkah koordinatif untuk menstabillkan harga,” jelas Airin, Selasa, (7/6/2016)

Walikota Airin juga meminta untuk memastikan keamanan dan kelancaran distribusi barang di daerah masing-masing seperti pasar tumpah, kerusakan jalan, dan hambatan lain yang menganggu kelancaran distribusi regional/nasional dan carikan solusinya bila ada masalah tersebut.

Masih di lokasi yang sama, menurut Kepala Seksi Statistik Harga Konsumen BPS Provinsi Banten Husin Maulana, lonjakan sejumlah harga pangan pada akhir Mei dan awal Juni tidak sampai memicu inflasi tinggi di Kota Tangsel.

Husin pun menjelaskan, inflasi di Tangsel terendah dibandingkan kota/kabupaten lainnya di Banten. Rendahnya inflasi dini, disebabkan dua kali penurunan harga BBM pada awal tahun ini. Selain itu, inflasi tersebut dipengaruhi perkembangan ekonomi secara umum dan keseimbangan penawaran dan permintaan.

“Artinya, akibat penurunan harga BBM, ada dampaknya yakni terkendalinya inflasi,”jelasnya

Rapat TPID tersebut dihadiri secara langsung oleh Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany, Wakil Walikota Benyamin Davnie, Kapolres Tangsel AKBP Ayi Supardan, Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Banten, Tim TPID Provinsi Banten, beserta seluruh SKPD terkait. (to/kt)

Continue Reading
Advertisement
To Top