Connect with us

Walikota Pantau Kerja Bakti Massal di Sejumlah Pasar

Info Tangsel

Walikota Pantau Kerja Bakti Massal di Sejumlah Pasar

Publikasi- Walikota meminta, warga Tangsel untuk menjaga kebersihan lingkunganya. Warga Pasar pun diharapkan mampu menjaga agar pasar tetap bersih sehingga pedagang nyaman berjuakan di pasar. Hal tersebut diungkapkan Airin Rachmi Diany saat melakukan kerja bakti massal dalam rangka titik pantau Adipura di sejumlah pasar, Jumat (28/9).

Usai memantau kerja bakti di Pasar Jombang, Walikota naik kereta ekonomi dari Stasiun Jombang menuju Stasiun Rawa Buntu. Di dalam kereta, Airin sempat berdialog dengan warga yang mananyakan kenyamanan kereta api. Bahkan meskipun Maimunah (65) bukan warga Tangsel, namun Airin berpesan, agar Maimunah menjaga kebersihan lingkungannya. Selain untuk diri sendiri, lingkungan bersih akan menciptakan kenyamanan di tempat tinggal kita.

Kerja Bakti Massal dalam rangka Titik Pantau Adipura diawali di Pasar Cimanggis pukul 06.30 WIB. Walikota memimpin apel sebelum melakukan kerja bakti. Airin mengatakan, kerja bakti massal seperi ini jangan hanya seremonial saja dalam rangka menjemput Adipura. Namun tetap harus dilaksanakan dengan kesadaran sendiri, untuk menjadikan lingkungan tempat tinggal agar tetap bersih dan nyaman.

“Saya sudah meminta agar camat dan lurah melaksanakan Jumat Bersih beberapa waktu lalu. Dan saat ini, Kerja Bakti Massal dalam rangka Titik Pantau Adipura dilaksanakan di sejumlah pasar. Diharapkan warga masyarakat dan warga pasar memiliki kesadaran untuk membuang sampah di tempat yang sudah disediakan untuk menjaga lingkungan tetap bersih,” papar Airin.

Lebih lanjut Airin mengatakan, Pemkot sudah mengalokasikan anggaan yang cukup besar untuk penanganan sampah. Pemerintah sudah berupaya untuk melaksanakan program kebersihan dan penghijauan, pihak swasta pun dilibatkan. Masyarakat pun harus terlibat langsung untuk menjaga kebersihan. Ke depan, Pemkot akan mengatur waktu dan jam untuk pembuangan sampah, sehingga pada jam-jam tertentu, sampah akan diangkut oleh petugas kebersihan.

“Setelah jam pengangkut sampah lewat, warga diharapkan mengumpulkan sampah di satu tempat, atau dalam kantong plastik sehingga tidak lagi berserakan. Dan besok petugas sudah tinggal mengangkut sampah yang sudah terkumpul. Sebenarnya ini hal mudah, saya harap, masyarakat harus bisa melaksanakan ini. Bisa tidak dilaksanakan?,” tanya Airin kepada para pedagang.

Pada kegiatan kerja bakti massal dalam rangka titik pantau Adipura, sejumlah pejabat juga ikut terjun langsung ke pasar, di antaranya Kepala Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman, Chaeril Saleh, Badan Lingkungan Hidup (BLHD), DR Rahmat Salam, Kepal Dinas Koperasi dan UKM, Nurdin Marzuki dan seluruh camat, lurah, ormas seperti Karang Taruna, TP PKK serta RT dan RW di lingkungan masing-masing. (*Pub/sumber: hms/kfz)

Continue Reading
Advertisement
To Top