Connect with us

Pemkot Tangsel Seleksi Pemuda Tangsel Yang Kreatif dan Inovatif

Info SKPD

Pemkot Tangsel Seleksi Pemuda Tangsel Yang Kreatif dan Inovatif

dispora_tangsel_seleksi_pemudaTANGSELOKE.com- Pemerintah Kota Tangerang Selatan sedang melakukan audisi terhadap kawula muda yang bermukim di tujuh wilayah kecamatan. Target stategis dalam program tersebut sebagai sarana memilih sosok generasi penerus bangsa yang ke depannya mampu menjadi duta pemuda bagi kota termuda di Provinsi Banten ini.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Tangerang Selatan, Chaerudin mengatakan, selama proses penyeleksian terhadap puluhan peserta dari kalangan kawula muda ini digelar tentunya sangat selektif. Tim panelis telah punya kriteria khusus yang dijadikan indikator utama dalam menilai setiap peserta seleksi.

“Pastinya yang eksistensinya selama ini sudah diakui para tokoh dan aparatur wilayah tempat tinggalnya. Peserta harus berkarakter sebagai pelopor kreatif dan inovatif dalam berbagai bidang,” ungkapnya di Remaja Kuring, Kecamatan Serpong, Kamis, (04/6)

Menurut Chaerudin, dari kriteria pemuda di atas akan semakin mumpuni bila ditunjang oleh pribadi yang religius. Ia secara alamiah telah tumbuh dan berkembang sebagai individu berjiwa kreatif. Serta mampu menunjukan martabatnya di lingkungan sosial dalam bermasyarakat maupun bernegara.

“Program seleksi pemuda pelopor atau duta pemuda ini juga berlaku di Kabupaten/Kota lainnya di Indonesia. Bagi mereka yang terpilih nantinya akan ikut seleksi lagi Tingkat Nasional. Biasanya duta pemuda pelopor akan difasilitasi ke luar negeri dalam ajang pertukaran pemuda dunia,” terang mantan Camat Pondok Aren ini.

Chaerudin memaparkan, selama sesi pemberian materi digelar ada lima bidang masalah yang diperkenalkan kepada puluhan orang peserta seleksi pemuda pelopor. Kelimanya yakni, bidang pendidikan, sosial, budaya, pariwisata, dan bela negara. Setiap peserta diberikan kebebasan untuk memilih satu bidang tertentu sesuai dengan persoalan yang dikuasainya.

“Ketika peserta mendaftarkan diri, akan diketahui tim panelis kegiatanya apa selama ini, alamatnya dimana dan sudah berapa lama aktivitasnya digeluti. Penilaianya apakah kegiatan itu bisa bermanfaat bagi diri dan orang lain, ini yang paling penting. Maka bila datanya sudah masuk, Dispora akan mengecek ke lapangan apakah benar atau tidak,” paparnya.

Terpisah, Sekretaris Dispora Kota Tangerang Selatan Sulasna menyatakan, dalam kegiatan ini puluhan peserta pendaftar mesti mampu bersaing. Pasalnya, akan ditentukan lima orang peserta pemuda pelopor terbaik untuk bersaing di kompetisi serupa Tingkat Provinsi Banten. Jika kembali berprestasi, maka akan didaulat sebagai duta pemuda menuju level nasional.

“Ini yang kami harapkan agar Tangsel bisa bersaing bukan hanya di lingkungan Kota tapi bisa di tingkat Provinsi dan Nasional. Inilah upaya Pemerintah dalam menyaring pemuda yang memiliki visi hidup yang baik,” terangnya ditemui di kantornya. Seluruh peserta seleksi berasal dari berbagai organisasi masyarakat dan organisasi kepemudaan yang ada di Kota Tangerang Selatan

Kegiatan pemuda pelopor dianggap sangat relevan dengan norma dan aturan dalam kehidupan berbagsa dan bernegara. Sulasna mencontohkan, misalkan saja sumbangsih gagasan pemuda yang telah ikut memajukan dunia pendidikan melalui metode belajar cepat. Sistem ini adalah cara-cara inovasi yang dilahirkan oleh kaum pemuda untuk kemajuan dunia belajar mengajar.

Demi suksesi program kegiatan seleksi generasi pelopor bangsa, Pemerintah Daerah juga turut menggandeng induk organisasi kepemudaan, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Tangerang Selatan. ”Harapannya mereka bisa menjadi pengerak pemuda di lingkungan masing-masing. Sehingga kreatifitasnya bisa ditularkan kepada pemuda pada umumnya,” tambah Sulasna.

Continue Reading
Advertisement
To Top