Connect with us

DPKP Sebar Ratusan Pemeriksa Hewan Kurban

Info SKPD

DPKP Sebar Ratusan Pemeriksa Hewan Kurban

hewan-kurbanTANGSELOKE.com-  Jelah Hari Raya Idul Adha, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kota Tangsel memperketat pengawasan penjualan hewan kurban di seluruh lapak di kota ini. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi peredaran hewan kurban yang disinyalir mengandung penyakit.

Kepala DPKP Kota Tangsel, Dadang Rahardja mengatakan, hewan kurban yang berada di Tangsel kebanyakan berasal dari berbagai daerah, seperti CIanjur, Sukabumi, Bogor dan hingga Jawa Tengah. Menurutnya, hewan potong yang diperjualbelikan di Tangsel harus dilengkapi dengan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) dari kota asal peternakan.

“Biasanya hewan potong yang masuk ke Tangsel sudah dilakukan pemeriksaan kesehatan di peternakan. Dan kalau tidak mengantongi SKKH akan kita tolak, khawatir hewannya mengandung penyakit dan membahayakan bila dikonsumsi,” ucap Dadang.

Mantan staf ahli walikota ini menjelaskan, untuk mengantisipasi peredaran hewan berpenyakit, pihaknya memperketat pengawasan terhadap peredaran hewan maupun daging kurban. Bentuk pengawasan ini dengan mendatangi penjual hewan kurban dan Rumah Potong Hewan (RPH). “Kita bentuk tim untuk pengawasan dengan menggandeng dokter hewan dari Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Dewan Kesejahteraan Masjid (DKM),” katanya. (source via SN)

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

Info SKPD

To Top