Connect with us

DPKP Berikan Pelatihan Budidaya Anggrek

Info SKPD

DPKP Berikan Pelatihan Budidaya Anggrek

Anggrek18.143.23.153- Peran seorang ibu di dalam keluarga begitu teramat penting kehadirannya. Di era pesatnya laju perekonomian sosok ibu kini tidak hanya sekadar mengurus rumah dan mengasuh anak, tetapi pula turut membantu perekonomian keluarga. Pasalnya kebutuhan akan kebutuhan rumah tangga tidak saja bergantung kepada gaji atau usaha suami.

Untuk itu Pemerintah Kota Tangsel melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) menggelar pelatihan budidaya tanaman hias khusus bagi ibu-ibu yang ingin menambah penghasilan serta meningkatkan kebutuhan akan permintaan tanaman anggrek. Pelatihan tersebut bertempat di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Jombang, Ciputat, Tangsel (16/9).

Pelatihan budidaya anggrek jenis panda douglas ini diberikan kepada 80 ibu-ibu di tujuh kecamatan yang ada di Kota Tangsel. Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany mengatakan, pangsa pasar yang ada sangat bagus. Untuk itu, budidaya anggrek ini menjadi unggulan pertanian di kota setempat.

“Pekarangan bisa dimanfaatkan untuk menanam anggrek karena anggrek tidak memerlukan lahan luas,” ungkap Airin usai pembukaan pelatihan budidaya tanaman hias di BPP Jombang.

Tidak hanya pelatihan anggrek yang diberikan, tapi untuk memenuhi kebutuhan pasar. Pemkot Tangsel bakal membangun pusat pertanian di wilayah Ciater, Serpong. “Kita sudah siapkan lahan seluas lima hektar untuk sentra pertanian termasuk tanaman hias didalamnya,”katanya.

Kepala DPKP Kota Tangsel, Dadang Rahardja menuturkan, setiap tahunnya permintaan anggrek di pasaran meningkat. Pada 2012, sebanyak 5,5 juta tangkai terjual. Sedangkan pada 2013 sebanyak 6 juta tangkai anggrek terjual. Untuk tahun ini, ditargetkan penjualan anggrek dari Kota Tangsel sebanyak 7 juta tangkai.

“Banyak pesanan anggrek dari Jabodetabek dan luar pulau jawa,” ucapnya.

Menurutnya, potensi ini sangat besar untuk dikembangkan. Dengan adanya lahan sentra pertanian diharapkan dapat meningkatkan hasil panen anggrek. “Kita juga sedang proses untuk penamaan anggrek Genta Tangsel yang menjadi khas anggrek dari Kota Tangsel. Soalnya, anggrek Tangsel berbeda dengan daerah lainnya. (Source via TP)

Continue Reading
Advertisement
You may also like...
To Top