Connect with us

Sistem Drainase Tidak Terintegrasi, Pengembang Turut Perburuk Banjir

Info Tangsel

Sistem Drainase Tidak Terintegrasi, Pengembang Turut Perburuk Banjir

banjir_ciputat18.143.23.153- Pemerintah Kota Tangsel menuding pengembang perumahan nakal turut andil dalam memperburuk musibah banjir. Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany mengatakan banjir turut disebabkan adanya pengembang perumahan yang tidak membuat saluran air atau membuat saluran air asal-asalan saja.

“Setelah saya turun ke lapangan, ternyata ada drainase dari pengembangan perumahan yang tidak terintegrasi dan dibuat secara asal-asalan,” kata Airin Rachmi Diany (17/1). Akibat dari tidak terintegrasinya drainase, kata Airin, menyebabkan air meluap ke jalan dan rumah warga sekitar.

Pemkot Tangerang Selatan pun telah memberikan teguran kepada pengembang perumahan yang berada di kawasan Bintaro itu. “Kedepannya, perizinan akan lebih ketat agar tidak ada kejadian seperti ini,” katanya.

Penyebab lain banjir, lanjut Airin, adalah karena saluran drainase yang kecil dan kali yang masih dalam proses normalisasi. “Kami sudah berkoordinasi dengan Pemprov Banten agar ukuran kali di Tangsel dapat dilebarkan. Ada lahan yang perlu dibebaskan,” ujar Airin.

Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Pemkot Tangsel terdapat 31 titik banjir di Kota Tangerang Selatan. Kepala Seksi Kesiapsiagaan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang Selatan, Rokhman menuturkan, beberapa titik yang diwaspadai yakni perumahan Villa Mutiara Kayu Gede I, perumahan Sekretaris Negara, Pondok Maharta, Taman Mangu Permai, Pondok Pucung Indah II dan Makam ABRI.

Selain itu, Perumahan Pondok Payung Mas, Inhutani, Pondok Hijau, Cirendeu, Bukit Nusa Indah, Griya Bintaro, Ciputat Baru, jalan Arya Putra, Rooswood Garden, jalan Raya Maruga perumahan Puri Bintaro Indah. Kecamatan Serpong di ruas Tol BSD KM 8. BPBD juga memantau ketinggian air di situ agar dapat diantisipasi jika terjadinya luapan. (SN/TO)

Titik Rawan Banjir Kota Tangerang Selatan

Continue Reading
Advertisement
You may also like...
To Top