Connect with us

BSD Bangun Kawasan Pedestrian Selebar 15 Meter di CBD

Properti

BSD Bangun Kawasan Pedestrian Selebar 15 Meter di CBD

Pengembang PT BSD Tbk bakal  membangun kawasan pedestrian selebar 15 meter dan sepanjang empat kilometer di Central Business District BSD di daerah barat.

Direktur PT BSD Tbk Yoga Widjaja dalam percakapan dengan Kompas.com Kamis (24/2/11) mengatakan, kawasan pedestrian ini dibangun di CBD yang rencananya memiliki lahan seluas 100 hektar.

“Kawasan pedestrian selebar 15 meter ini dimulai dari gedung perkantoran Sinarmas Land, gedung perkantoran Unilever, hingga sejumlah kampus yang masuk kawasan Edutown,” jelas Yoga.

Saat ini BSD sudah membangun kawasan pedestrian di BSD timur tapi tidak selebar di barat. Dari mulai depan Giant, gedung BCA sampai BSD Square. Demikian pula dari depan German Center, Teras Kota sampai Bidex dan Ocean Park. Di kawasan lainnya, BSD juga membangun kawasan pedestrian dari SPBU Petronas sampai depan kantor pemasaran BSD lama dan kawasan air mancur.

Kawasan pedestrian dianggap penting karena BSD ingin menjadi contoh kota mandiri terpadu terbaik di Banten. “Kami memperhatikan lanskap, lampu jalan, media promosi, sampai kawasan pedestrian,” ungkapnya.

Soal kawasan pedestrian, Yoga mengatakan, BSD tak ingin seperti kawasan Sudirman-Thamrin, di mana antara gedung satu dengan gedung lainnya tidak saling berhubungan. Malam hari, gedung sudah tutup dan dijaga satpam.

“BSD ingin gedung-gedung perkantoran yang dibangun di CBD, saling terhubung dan tetap dapat ramai pada malam hari sekali pun,” kata arsitek lulusan Berlin University, Jerman yang mengambil spesialisasi city planner, khususnya sosial planning ini.

Menurut Yoga, saat ini PT BSD sedang merancang  membangun mal gaya hidup untuk ‘hangout’, pusat kebudayaan, convention hall, gedung pertemuan, museum, eco-park, hingga taman kota di kawasan pengembangan baru BSD di sebelah barat.

Yoga menambahkan, BSD juga sedang merancang pembangunan pusat perbelanjaan yang luas dan besarnya sama dengan Living World Alam Sutera Serpong. “Mal ini akan dibangun dalam lima tahun ke depan. Kami menunggu populasi BSD hingga 300.000 lebih dahulu, baru mal ini dibangun. Saat ini penduduk BSD tercatat 200.000 orang,” jelas Yoga.

Soal jalan tembus BSD ke Gading Serpong, Yoga mengatakan saat ini sudah ada kesepakatan antara pengembang BSD dan pengembang Paramount Serpong. “Namun untuk realisasinya, tak bisa seperti membalik telapak tangan,” katanya.

Continue Reading
You may also like...
To Top