Connect with us

Kado Ultah Tangsel ke 13, IPPU-PR akan Manfaatkan Situ di Tangsel

Info Tangsel

Kado Ultah Tangsel ke 13, IPPU-PR akan Manfaatkan Situ di Tangsel

Beberapa Situ wilayah Kota Tangerang Selatan (Tangsel)6 akan menjadi design percontohan destinasi wisata di Indonesia oleh balai kementrian pekerjaan umum dan perumahan rakyat (PUPR).

hal tersebut di ungkapkan oleh Bernaldi, pengurus organisasi ikatan pensiunan pekerjaan umum dan perumahan rakyat (IPPU-PR) wilayah Tangerang Raya. Ia menuturkan, Situ Parigi dan Situ Pondok Jagung akan di jadikan percontohan Situ yang tergolong bagus di Indonesia.

“Iya, ada dua Situ yang akan di jadikan contoh keterlibatan masyarakat dalam menjaga kelestarian Situ. Rencananya, kami akan mengoptimalkan aset-aset Situ,” ucapnya, Sabtu (20/11/2021)

Bernaldi menambahkan, optimal yang dimaksud adalah membangun spot-spot semacam tempat berkumpulnya masyarakat. Sehingga dapat di rasakan manfaatnya untuk seluruh mahluk hidup.

“Kami design ini menjadi tempat ngumpul-ngumpul. Nanti ada kulinernya, tanaman hias jenis hidroponik, mancing, dan tempat ramah lingkungan untuk anak-anak,” tegasnya.

Senada dengan Bernaldi, Ruhiyat Deni, Ketua organisasi IPPU-PR yang sinergi dengan dirjen kementrian mengatakan PUPR merupakan pelaksana secara operasional, pengelolaan maupun perawatan Situ se-Indonesia.

“Kami bersama rekan-rekan intinya mengoptimalkan fungsi Situ. IPPU-PR ini akan menggandeng pihak ke-3 dalam melaksanakan pembangunan yang di maksud tadi. Walaupun kami di luar, kami harus terus membantu para tenaga kerja. Meski sudah lanjut usia kami ini masih mampu loh. Mahatir saja usia 90 masih punya potensi,” bebernya.

Organisasi IPPU PR yang lahir bersamaan adanya kementrian PU di Indonesia tersebut memiliki tenaga sentral, memberikan kontribusi ide dan gagasan dalam menjaga dan memaksimalkan fungsi Situ di tanah air.

“IPPU-PR membangun ini bukan memakai anggaran APBN, kami akan menggandeng pihak ketiga ataupun iuran dari para anggota organisasi. Supaya dapat membantu dan mendorong kelestarian dan menjadi tempat yang di minati masyarakat untuk berkunjung kesini,” tambah Dedi.

Di sebutkan Deni, pihaknya bersinergi dengan kementrian terkait diantaranya, kementrian lingkungan hidup, kementrian PUPR dan juga kementrian kelautan dan perikanan (KKP).

Di temani oleh konsultan dan rekannya yakni Guritno, Deni juga menjelaskan saat menggambar peta memakai drone. Ia akan optimalkan pelaksanaan pembangunan Situ Parigi dan Pondok Jagung di awal Januari 2022 mendatang.

“Ini baru pemetaan saja. Rencananya, pembangunan yang kami laksanakan insha Allah di mulai pada Januari tahun 2022 mendatang. Kami sudah rapat dengan balai yang merupakan struktur kementrian PUPR,” tandasnya. (Adt).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top