Connect with us

Tahun Ini Pemkot Tangsel Akan Revitalisasi Situ Legoso

Info SKPD

Tahun Ini Pemkot Tangsel Akan Revitalisasi Situ Legoso

airin_sungai_tangselTANGSELOKE.com- Tahun ini Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Tangerang Selatan memiliki program untuk merevitalisasi Situ Legoso di Cempaka Putih, Kecamatan Ciputat yang kini kian menyusut luasnya hingga tinggal 4000 meter persegi.

Usulan ini sudah diajukan dan telah disetujui oleh Dirjen Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum. Tidak hanya Situ Legoso tetapi sebelumnya juga dilakukan usulan terhadap Situ Ciledug dan Situ Sasak Tinggi.

Terkait program tersebut, Pemkot Tangsel sendiri sudah menyediakan anggaran sekitar Rp 800 juta. Normalisasi akan dilakukan dari aliran air di perumahan Legoso, kemudian Situnya, dan lurus hingga ke Sungai Pesanggrahan.

Sementara, Kadis Bina Marga dan SDA Kota Tangsel, Retno Prawati memastikan, bahwa normalisasi tidak akan berjalan, sebelum nota kesepahaman atau MoU antar Kota Tangsel dengan Kementerian PU terlaksana.

“Draft MoU nya sudah ada di meja Ibu Walikota, kalau sudah ditandatangani, pasti kami ajukan ke Kementerian PU,” ungkapnya.

Ternyata, tak hanya Kota Tangsel saja yang mengajukan MoU dengan Kementerian PU. Melainkan ada 8 daerah di Jabodetabek, yang mengajukan permohonan MoU untuk mengurus sendiri situ di daerah masing-masing.

“Dalam nota kesepahaman tersebut nantinya disepakati segala bentuk konservasi, daya usaha air, hingga monitoring, dapat dilakukan daerah setempat,” ungkap wanita berjilbab hijau ini. (to/k6)

Continue Reading
Advertisement
You may also like...
To Top