Connect with us

Cek Persiapan Akhir Vaksinasi Menkominfo Kunjungi Tangsel

INDONESIA OKE

Cek Persiapan Akhir Vaksinasi Menkominfo Kunjungi Tangsel

Menjelang vaksinasi, Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G Plate melakukan pengecekan uji coba satu data persiapan vaksinasi fasilitas kesehatan (faskes) di Puskesmas Jurangmangu, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangsel, Selasa (12/01/21).

“Untuk melihat langsung persiapan akhir sebelum dilakukannya proses vaksinasi covid-19 di Indonesia,” katanya.

Ia menilai puskesmas Jurangmangu yang akan melakukan vaksinasi awal kepada 10.461 petugas medis Tangsel persiapannya sudah maksimal. “Dari tujuh prosedur tahapan vaksinasi terdiri tiga persiapan dan empat pelaksanaan semuanya tersedia dan dilakukan dengan baik,” ucapnya.

Apalagi, sambungnya, puskesmas telah dilengkapi fasilitas akses internet. Tujuannya, pendataan dan laporan vaksinasi dilaporkan secara real time untuk menghasilkan sistem yang komprehensif baik pendaftaran, distribusi, pelaksanaan sampai monitoring pemberian dosis vaksinasi tahap satu dan dua.

“Untuk meningkatkan efisiensi kinerja sistem satu data vaksinasi covid-19, tiga aplikasi akan diintegrasikan yakni Peduli lindungi untuk registrasi ulang bagi masyarakat penerima vaksin, Premier Care untuk pencatatan hasil vaksinasi dan aplikasi Smile digunakan untik monitoring dan distribusi vaksin tingkat provinsi sampai ke fasilitas kesehatan di seluruh Indonesia,” sebutnya.

“Sistem keamanan dan kebijakan privasi tiga aplikasi tersebut dijamin aman, terutama menjaga data masyarakat yang melakukan registrasi ulang di aplikasi pedulilindungi,” imbuhnya.

Pihaknya juga telah menyelesaikan penyediaan akses internet sebanyak 3.126 titik fasilitas layanan kesehatan (fasyankes). Jadi, total ada 13.011 fasyankes memiliki layanan akses internet. Jadi, mempermudah masyarakat untuk registrasi ulang vaksinasi melalui aplikasi Pedulilindungi. Selain itu, registrasi bisa secara offline melalui babinsa TNI dan Babinkamtibmas Polri bagi masyarakat yang kesulitan mengakses secara online.

“Jadi, prosedur tersebut tahapan untuk mendapatkan vaksin,” terangnya.

Dirinya berharap kepercayaan dan keyakinan masyarakat bisa meningkat terhadap tata kelola vaksin. “Vaksin terjamin keamanannya dan menciptakan imunitas serta tetap disiplin protokol kesehatan sehingga menciptakan health community, harapannya aktivitas masyarakat dalam perekonomian dan sosial bisa berjalan dengan aman dan lancar,” harapnya.

Menkominfo, Johnny G. Plate, Didamping Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany, Dan beberapa Jajaran OPD lainnya mengunjungi Faskes Kesiapan Vaksinasi di Tangsel. Selasa, (12/21).

Sementara, Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany berterimakasih telah di lengkapinya fasilitas internet oleh Kominfo dengan penambahan bandwidth dan fasilitas lainnya untuk membantu dan memperlancar vaksinasi. Saat ini Tangsel memiliki 29 puskesmas, Satu rumah sakit umum daerah dan 14 klinik swasta.

“Vaksinasi tahap awal dilakukan bagi 10.461 petugas medis, setelah itu baru masyarakat,” singkatnya. (Red).

Sumber: (humastangsel-kominfo).

To Top