Connect with us

1200 Calon Jamaah Haji Kota Tangsel Jalani Pemeriksaan Kesehatan

Info Tangsel

1200 Calon Jamaah Haji Kota Tangsel Jalani Pemeriksaan Kesehatan

Sebanyak 1200 peserta calon jamaah haji Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menjalani tes kesehatan di Rumah Sakit Umun (RSU) Tangsel, diketahui pemeriksaan tersebut akan dilakukan selama tiga hari, hingga hari rabu mendatang.

Hari pertama, diketahui sudah sekitar 300 calon jamaah haji yang melakukan pemeriksaan kesehatan, seperti, cek tekanan darah, kesehatan jantung, suntik vaksin dan lainnya guna menunjang kelancaran dalam beribadah di tanah suci.

Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kota Tangsel, Suhara Manullang mengatakan, tahapan pemeriksaan ini yang kedua kalinya, pertama sudah di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), di RSU yang penting ialah memeriksa jika ada penyakit berat apakah harus dirujuk atau tidaknya.

“Jikalau ada penyakit berat, seperti jantung, hal itu akan kita rujuk dan diberi arahan atau dampingan dari dokter dikloternya yang berjumlah 2 petugas,” ucap Suhara di RSU Kota Tangsel, Senin (07/05/2018).

Ia menambahkan, tak hanya pemeriksaan, tadi juga dilakukan vaksinasi berupa menguitis dan disarankan juga lakukan suntik influenza.

“Vaksinasi bertujuan untuk mencegah penyakit – penyakit yang bisa tertular selama ibadah haji, hal itu karena disana suhu ektrim dan udara yang kering,” lanjutnya kepada TangselOke.com.

Tapi untuk para calon jamaah haji yang berhalangan hadir dalam waktu tiga hari tersebut, akan diarahkan ke Dinas Kesehatan di Jalan Rawa Buntu, Serpong untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan.

“Untuk tahapan selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan secara fisik, seperti ibu hamil. Hal itu juga sangat perlu dilakukan,” tutup Suhara.

Salah satu calon jamaah haji, seorang pensiunan bernama Kusnadi warga Pamulang II  yang berusia 56 tahun mengatakan bahwa, ia sudah dilakukan pemeriksaan sekaligus vaksinasi dan dinyatakan lolos.

“Sudah mengantri selama 7 tahun, tepatnya dari 2011, tadi disuntik menguitis di lengan kiri dan suntik influenza dilengan kanan. Alhamdulilah lolos pemeriksaan kesehatan,” ucap Kusnadi. (DK)

To Top