Connect with us

Pemkot Tangsel Gelar Vaksin Rabies Gratis Untuk Hewan Peliharaan

Setu

Pemkot Tangsel Gelar Vaksin Rabies Gratis Untuk Hewan Peliharaan

SETU – Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mengadakan vaksinasi rabies gratis yang berlangsung di tujuh Kecamatan yang ada di Tangsel.

Seperti yang berlangsung di halaman Kantor Kecamatan Setu, Kamis (12/9), sebanyak 25 warga datang untuk memvaksin hewan peliharaanya tersebut.

Kepala Puskeswan Tangsel, Pipit Surya Yanuar, menjelaskan, pemberian vaksin yang diberikan secara gratis di Puskeswan ini untuk jenis hewan seperti kucing, anjing, dan musang. “Pemberian vaksinasi ini murni difasilitasi oleh Pemkot Tangsel secara gratis tanpa ada biaya apapun,” terangnya.

Pelayanan vaksinasi rabies gratis ini berlangsung sejak Selasa- Rabu (10-11/9) di Serpong dengan jumlah warga yang ikut memvaksin hewannya sebanyak 30, sementara di Setu yang berlangsung Kamis (12/9) sebanyak 25 hewan yang divaksin, lalu vaksin ini akan dilaksanakan di Pamulang pada 16-17 September, Ciputat pada 18-19 September, Ciputat Timur 23-24 September, Pondok Aren 25-26 September, dan terakhir di Serpong Utara pada 30 September hingga 1 Oktober mendatang. “Pelaksanaan vaksin ini berlangsung sejak Pukul 08.00 sampai Pukul 12.00 wib,”ungkapnya.

Pipit menjelaskan, kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Rabies sedunia yang akan berlangsung pada 28 September mendatang, “Kegiatan ini kita lakukan, karena kita ingin mewujudkan Tangsel bebas rabies,” jelasnya.

Pipit mengatakan, dalam menjalankan program vaksinasi itu pihaknya menggunakan vaksin berjenis Rabivet Supra 92. “Vaksin ini ampuh mencegah penyakit rabies pada anjing, kucing, kera, dan musang. Selain itu vaksin yang digunakan ini juga disarankan oleh Kementrian Pertanian Republik Indonesia,” kata dia.

Pipit menghimbau, warga untuk rutin member vaksin pada hewan peliharaanya. “Harus rutin dilakukan vaksinasi baik saat ada program pemerintah ataupun membawa hewannya ke klinik hewan,” singkatnya. (rls/red)

To Top