Connect with us

Seleksi Paskibraka, 174 Pelajar Bersaing Menuju Banten

Edukasi

Seleksi Paskibraka, 174 Pelajar Bersaing Menuju Banten

Puluhan pelajar di Kota Tangerang Selatan mengikuti seleksi penjaringan pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) di SMP Negeri 11, Kecamatan Serpong.

Pelajar tingkat Sekolah Menengah Atas sederajat itu bersaing untuk mengibarkan bendera Merah Putih di Provinsi Banten.

“Total jumlah peserta yang ikut seleksi ada 174 pelajar,” ungkap Kepala Biro Sumber Daya Manusia Purna Paskibraka Kota Tangerang Selatan, Deden Umaidi, Sabtu, 25 Maret 2018.

Ia memaparkan, seluruh peserta seleksi terdiri dari pelajar putra sebanyak 174 orang, dan pelajar putri 68 orang. Mereka merupakan peserta didik berasal dari 43 sekolah yang tersebar pada tujuh wilayah kecamatan di Kota Tangerang Selatan.

Masih menurut Deden, materi tahapan yang mesti diikuti setiap peserta yakni wawancara pengetahuan umum, kepaskibrakaan dan wawasannya seputar Kota Tangerang Selatan.

“Materi tes tertulis juga hampir sama dengan wawancara. Hanya saja ditambah tes vocabulary bahasa inggris,” papar Deden.

Kemudian, lanjutnya, peserta seleksi Paskibraka juga mesti mengikuti tes jasmani. Meliputi, lari, push up, shit up dan shuttle run. Tahapan seleksi hari kedua ini akan ditentukan sebanyak 10 pelajar putra dan putri yang mesti kembali bersaing di tingkat Provinsi Banten.

Penjaringan peserta pun tak sembarangan. Pelajar harus mempunyai tinggi badan minimal 170 centimeter, mental yang kuat, menguasai wawasan luas yang meliputi secara umum, kepaskibrakaan, seputar Kota Tangerang Selatan, dan menguasai bahasa asing, minimal bahasa inggris.

“Semua wajah baru. Selanjutnya peserta yang dipilih harus mengikuti kegiatan pendidikan dan pelatihan paskibra tingkat Kota Tangerang Selatan, setelah itu mengikuti kegiatan pra tc dan tc Paskibraka tingkat Kota Tangerang Selatan,” tambah Deden.

Terpisah, Adinda Mahardika Sherlin, pelajar kelas X SMA Insan Cendikia Insani, Kelurahan Ciater, Kecamatan, Serpong, salah satu peserta yang ikut seleksi calon Paskirabaka Tingkat Banten 2018.

Dara muda ini mengaku tak ingin melewatkan kesempatan emas mengibarkan sang saka Merah Putih bertepatan dengan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73.

“Saya ingin mendapat pengalaman baru. Bisa ikut terlibat langsung pas upacara 17 Agustus mendatang,” terangnya.

Menurutnya, saat mendengarkan informasi ada seleksi Paskibraka dirinya langsung mendaftarkan diri. “Mudah-mudahan bisa lolos jadi Paskibraka Banten,” ucapnya sambil tersenyum.(rls)

Continue Reading
Advertisement
To Top