Connect with us

HMI Teknik Pamulang Gelar Seminar Peran Mahasiswa di Era Milenial

Edukasi

HMI Teknik Pamulang Gelar Seminar Peran Mahasiswa di Era Milenial

Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Fakultas Teknik Universitas Pamulang mengadakan seminar mini yang bertemakan “Peran mahasiswa di era milenial dalam menjawab tantangan bonus demografi” yang mendatangkan 3 narasumber yaitu, Rahmat Sori Harahap dari Advocade Harahap and Partners, M. Shofa dari Lembaga Pers Mahasiswa Islam PB HMI serta Tharlis Dian Syah Lubis sebagai Ketua Umum HMI Cabang Ciputat. Kegiatan seminar ini diselenggarakan di Aula Kelurahan Setu, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), kemarin, (6/3).

Dalam seminar tersebut berlangsung cukup khidmat dan penuh dengan dialog karena yang hadir dalam seminar mini ini banyak dari kalangan mahasiswa yang sejatinya bagian dari pada bonus demografi.

Dalam seminar tersebut Rahmat Sori mengatakan, bonus demografi harus benar – benar dipersiapkan dengan penuh kesadaran untuk membangun kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang saat ini masih kurang mempuni.

“Karna SDM yang kurang tersebut, maka dari itu mahasiswa sebagai bagian dari bonus demografi harus lebih berpikir visioner kedepan demi mewujudkan bonus demografi sebagai keuntungan,” ungkap Rahmat kepada peserta seminar.

Dalam kesempatan yang sama, M. Shofa mengutarakan bahwa di dalam tubuh HMI memiliki banyak sekali lembaga pengembangan profesi diantaranya ada LAPMI, LTMI, LKMI, LSMI dan masih banyak lagi, dimana ini suatu bentuk agar dimana kedepannya kader – kader HMI itu tidak hanya berfokus pada orientasi struktural.

“Kader – kader HMI yang memiliki minat dan bakat sebagai penulis, kesenian, serta teknologi bisa mengembangkan dirinya dalam lembaga pengembangan profesi yang ada di tubuh HMI,” jelas Shofa.

“Dengan demikian bonus demografi yang akan dihadapi Indonesia nanti tahun 2020 – 2030 bisa dijawab oleh kader – kader HMI dengan keprofesian yang dimiliki mereka,” tambahnya.

Dilain sisi, Ketua Komisariat Fakultas Teknik Universitas Pamulang, Leo menyatakan, mahasiswa harus benar – benar sadar akan bonus demografi saat ini karena mahasiswa kali ini tidak hanya berperan sebagai pengontrol maupun pengawas dalam keberlangsungan Indonesia kedepannya, tapi mahasiswa kali ini harus benar – benar berperan aktif dalam segala sektor entah itu hukum, politik, maupun teknologi.

“Maka dari itu saya sebagai Ketua Umum HMI komisariat Fakultas teknik Universitas Pamulang Cabang Ciputat mengharapkan setelah agenda ini berlangsung banyak mahasiswa yang kembali menghidupkam kesadarannya dalam membangun kualitas diri, dengan cara mengikuti tranining serta kembali menghidupkan jiwa organisasi mahasiswa hari ini dan selanjutnya yang mulai redup,” ujar Leo.

Leo juga menambahkan, bahwa yang menikuti tranning bisa menerapkan hasilnya dalam ruang lingkup organisasi ataupun dalam ruang lingkup masyarakat untuk itu, ingin kembali mengingatkan betapa pentingnya organisasi bagi mahasiswa saat ini khususnya mahasiswa Universitas Pamulang dengan bersama sama bergabung di HMI.

“Komisariat Fakultas Teknik untuk meningkatkan kualitas diri kita dalam menjawab tantang bonus demografi dan tantangan jaman,” tutupnya. (DK)

Advertisement
Advertisement

Info SKPD

To Top