Connect with us

Kesbangpolinmas Gelar Seminar Partisipasi Politik Perempuan

Serpong

Kesbangpolinmas Gelar Seminar Partisipasi Politik Perempuan

seminar_kesbangpolinmas_tangselTANGSELOKE.com- Peranan perempuan  dalam politik tentunya sangat penting. Terbukti kini, Undang-Undang  Pemilu  mempersyaratkan kepada seluruh Parpol untuk memenuhi kuota 30 persen keterwakilan perempuan di parlemen.
Paradigma kaum perempuan yang terkesan berada dibawah kaum lelaki  tentu saja sudah bergeser jauh. Diberbagai bidang misalnya,banyak jabatan-jabatan penting yang diisi oleh kaum perempuan.

Dalam meningkatkan partisipasi politik kaum perempuan, Badan Kesbangpolinmas Kota Tangerang Selatan (Tangsel), kemarin (8/4) menggelar seminar politik yang diikuti 100 peserta dari perwakilan partai peserta Pemilu 2014, Ormas Perempuan, dan Ibu-Ibu PKK di Restoran Remaja Kuring,Serpong.

Sementara narasumber yang hadir diacara tersebut yakni, Staf Ahli Bidang Pemerintahan, H.Chaerul Shaleh, Staf Ahli Bidang Politik, dr Ida Lidya, dan Komisioner KPU Tangsel.

Kepala Kesbangpolinmas Tangsel, H. Salman Faris, mengatakan bahwa peran serta perempuan dalam politik tentunya sangat penting sebab, keterlibatannya bisa membawa dampak positif dalam iklim demokrasi. “Dengan kehadiran kaum perempuan didunia politik, tentunya dapat membawa kesejukan,” kata H.Salman.

Selanjutnya dikatakan Salman, dalam membangun bangsa, kaum perempuan memiliki peran penting seperti halnya kaum pria.”Membangun bangsa kedepan tidak hanya menjadi tanggung jawab kaum lelaki saja, kini sudah terbukti banyak kaum perempuan yang memiliki kemampuan dalam memimpin,” lanjutnya.

Selain itu, dia juga berharap proses Pemilu 2014 berjalan aman dan lancar sebagaimana harapan semua pihak. “Setelah pencoblosan dan penghitungan suara tentu saja masih ada tahapan selanjutnya yakni, penetapan pemenang pemilu hingga kepada pilpres, semua pihak, termasuk Ibu-Ibu, tentu saja wajib mengkawal pesta demokrasi Pemilu 2014 untuk Indonesia lebih baik,” tuturnya.

Hal sama diungkapkan Staf Ahli  bidang Politik, dr Ida Lidya selaku narasumber. Sebelum   memberikan paparan, mantan Sekertaris Dinas Kesehatan Tangsel itu  menyanyikan sebuah lagu berjudul ‘’Sabda Alam” terkait dengan peranan perempuan. Pesannya, Kaum perempuan bukanlah kaum yang lemah melainkan banyak hal yang bisa dilakukan, sebagaimana yang diperbuat kaum lelaki dalam berbangsa dan bernegara.

“Perempuan punya peran penting dalam mencetak generasi mendatang melalui proses pendidikan dikeluarga,” jelas Ida.
Menanggapi kegiatan seminar politik perempuan, Ketua Forwani Tangsel, Hj Elsye Martineli mengatakan, kegiatan seminar tentu sangat positif dalam menambah wawasan kaum perempuan didunia politik. “Forwani menyambut baik program yang dilakukan Kesbangpolinmas Tangsel. Dengan kegiatan ini semoga perempuan Indonesia semakin cerdas dan bisa berperan aktif diberbagai bidang,” tegas Elsye. (/to/mln/yan)

Continue Reading
Advertisement
To Top