Connect with us

Dana Paskibraka Tangsel Capai Rp 800 Juta

Info Tangsel

Dana Paskibraka Tangsel Capai Rp 800 Juta

latihan_paskibraka_tangselTANGSELOKE.com- Acara Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke 69, yang dihelat Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel), pada Minggu (17/8) lalu terbilang sukses.

Meski demikian, anggaran untuk 62 anggota tersebut Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) dalam HUT Kemerdekaan itu tidaklah sedikit. Besarnya mencapai hingga Rp. 800 juta.

Kasi Pemuda pada Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Tangsel, Masrudin mengatakan, pelaksanaan upacara Kemerdekaan RI sudah menjadi agenda tahunan.

Pemerintah setempat mengalokasikan anggaran untuk kegiatan itu pada APBD Kota Tangsel. Mulai dari tahap seleksi anggota, karantina, pengibaran dan penurunan serta keperluan lainnya.

“Saya tidak tahu total maupun rincian dana Paskibra. Untuk itu, silahkan tanyakan kepada pimpinan saya (Chaerudin Kadispora_red),” katanya, Minggu (24/8/2014).

Masrudin mengaku hanya mengetahui beberapa item anggaran, yakni anggaran untuk 2 stel baju paskibraka Rp 400 juta, untuk 1 orang paskibraka diberikan uang penghargaan sekitar Rp 1 juta, uang saku Rp 100 ribu, kemudian anggaran makan, dan honorarium petugas dan peserta Paskibraka.

“Anggaran paskibraka dialokasikan sekitar delapan ratus juta, tidak sampai satu miliar,” bantah Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Dispora itu lagi.

Selain itu, tambah Masrudin, Dispora juga telah menyiapkan anggaran sekitar Rp 180 juta untuk hadiah jalan-jalan 62 anggota paskibraka keluar daerah. “Untuk anggaran keluar daerah disiapkan sekitar seratus delapan puluh juta juta,” ungkapnya.

Anggaran itu, kata Masrudin, digunakan untuk biaya transportasi, makan dan penginapan. Anggota paskibraka juga akan pergi bersama panitia (Dispora) dan instruktur. “Jadi, nanti yang akan berangkat keluar daerah sekitar seratus dua puluh orang,” ujarnya.

Sementara, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Tangsel, Chaerudin membenarkan perihal anggaran yang mencapai ratusan juta tersebut.

Menurutnya, anggaran untuk kegiatan Paskibraka itu digunakan mulai dari tahap seleksi anggota, karantina, pengibaran dan penurunan serta keperluan lainnya.

“Benar anggaran sebesar itu, kan persiapan kegiatan dilakukan sejak 2 bulan lalu, dimulai dari tahap seleksi peserta, karantina, pengibaran dan penurunan serta keperluan lainnya,” katanya. (source via evan/k6)

Continue Reading
Advertisement
To Top