Connect with us

Program Jahat Ransomware Bisa Diatasi Dengan Cara Seperti Ini

Tekno

Program Jahat Ransomware Bisa Diatasi Dengan Cara Seperti Ini

Wabah program jahat Ransomware dengan varian WannaCry mulai menjangkiti Indonesia. Kementerian Komunikasi dan Informasi melansir siaran pers himbauan agar segera melakukan tindakan pencegan terhadap penyebaran program jahat WannaCRY.

Kominfo meminta masyarakat tenang dan meningkatkan kehati-hatian setelah dua Rumah Sakit Harapan Kita dan Rumah Sakit Dharmais dilaporkan telah terkena serangan Ransomware.

Komputer yang terhubung dengan jaringan internet akan menjadi sasaran aktivitas program jahat ini. Ransomware WannaCRY Wannacry menginfeksi sebuah komputer dengan meng-enkripsi seluruh file yang ada di komputer tersebut dan dengan menggunakan kelemahan yang ada pada layanan SMB bisa melakukan eksekusi perintah lalu menyebar ke computer windows lain pada jaringan yang sama.

Wannacry bakal meminta dana tebusan agar file file yang dibajak dengan enkripsi bisa dikembalikan dalam keadaan normal lagi. Dana tembusan yang diminta adalah dengan pembayaran bitcoin yang setara dgn 300 dollar Amerika.

Lalu bagaimana cara melakukan pencegahan dini sebelum malware WannaCRY hinggap di komputer kita?
Lakukan beberapa langkah berikut untuk tindakan pencegahan dari terinfeksi malware ransomare jenis wannacry:

  • Cabut kabel LAN dan sambungan WIFI
  • Lakukan backup data
  • Update Anti Virus
  • Update security pada windows anda dengan install Patch MS17-010 yang dikeluarkan oleh microsoct. Lihat : https://technet.microsoft.com/en-us/library/security/ms17-010.aspx
  • Jangan mengaktifkan fungsi macros
  • Non aktifkan fungsi SMB v1
  • Blok port 139/445 dan 3389

(md/rls)

Continue Reading
Advertisement
To Top