Connect with us

Cara Memilih Smartphone Yang Tepat Untuk Anda

Tekno

Cara Memilih Smartphone Yang Tepat Untuk Anda

smartphone_ilustrasi18.143.23.153- Smartphone yang tersedia di pasaran. Smartphone membanjiri pasar dengan beragam fitur dan dengan harga yang berbeda-beda pula. Sehingga kita dibingungkan dengan begitu banyak pilihan. Lalu, bagaimana cara memilih smartphone yang tepat untuk Anda?.

Ini adalah hal utama yang harus Anda lakukan terlebih dahulu, bertanya kepada diri Anda, smartphone seperti apa yang Anda butuhkan. Hal mendasar apa yang Anda butuhkan dari smartphone? Sebagai contoh, jika Anda seorang wirausaha, Anda mungkin membutuhkan smartphone yang mampu mengirim email, yang mendukung jaringan 3G untuk online, yang mempunyai notes untuk menyimpan catatan pekerjaan Anda dan lain-lain.

Jika Anda pelajar/mahasiswa, Anda mungkin membutuhkan smartphone yang memiliki keunggulan dalam bersosial media, yang menawarkan kenyamanan ber-sms, dan baterai yang tahan lama.

Seperti yang telah kami sarankan di atas, bahwa Anda perlu untuk menentukan prioritas kebutuhan akan fungsi smartphone yang akan Anda pilih. Kemudian yang Anda harus lakukan adalah, berapa harga yang harus Anda bayarkan untuk mendapatkan masing-masing fungsi tersebut. Anggaran yang tepat sangatlah penting. Anda harus menentukan terlebih dahulu berapa anggaran yang Anda punya untuk setiap fungsi yang ingin Anda dapatkan dari smartphone.

Secara umum, smartphone terdiri dari 3 kategori berdasarkan rentang harga

  1.     Low-end smartphone
  2.     Mid-end smartphone
  3.     High-end smartphone

Low-end smartphone adalah smartphone dengan fungsi standar. Biasanya dikisaran harga 2,5 juta kebawah. Tentu saja spesifikasi yang ditawarkan juga rendah. Meski masuk dalam kategori low-end price bukan berarti kualitas yang ditawarkan juga rendah. Smartphone kategori ini bisa jadi adalah pilihan yang tepat bagi Anda yang merasa tidak memerlukan fitur-fitur lain selain kebutuhan akan telepon dan sms.

Mid-end smartphone lebih pada gabungan antara low-end dan high end smartphone. Dimana fitur yang ditawarkan lebih banyak daripada low-end smartphone dan memiliki beberapa fitur high-end smartphone. Fitur-fitur inilah bisa saja membuat Anda ragu untuk menentukan pilihan. Sekali lagi penting bagi Anda untuk tetap berpendirian pada point pertama yaitu: Apa Yang Anda Butuhkan. Mid-end smartphone berada pada kisaran harga 2,5 – 4 juta.

High-end smartphone adalah smartphone terbaik dalam segi harga dan fitur. Tetapi belum tentu dalam hal kualitas. Sebaiknya jika Anda memilih untuk membeli smartphone pada kategori ini, perbanyaklah membaca review smartphone yang bisa Anda temui di media massa maupun pada blog ini. Dan akan lebih baik jika Anda mengumpulkan informasi dari teman-teman Anda yang telah menggunakan smartphone tertentu, sehingga Anda akan mendapatkan informasi tentang keunggulan dan kelemahan dari smartphone tersebut. High-end smartphone berada pada kisaran harga 4 juta ke atas.

Anda telah menentukan pilihan tentang apa yang Anda butuhkan dan anggaran yang Anda tetapkan. Sekarang giliran dimana Anda harus menentukan sistem operasi apa yang Anda perlukan untuk mendukung kebutuhan Anda. Ada beberapa sistem operasi smartphone yang populer saat ini, diantaranya:

  1.     Android
  2.     iOS
  3.     Windows phone
  4.     Blackberry OS

Anda dapat membaca informasi seputar perkembangan terkini sistem operasi di atas pada bagian lain pada blog ini. Dimana pada artikel tersebut menyajikan data dimana Android adalah sistem operasi yang terpopuler saat ini. Android merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh Google dan didukung banyak aplikasi yang akan memberikan banyak pilihan bagi Anda. Dan bisa jadi, aplikasi-aplikasi yang ditawarkan melalui Play Store bisa menambahkan fitur yang sebelumnya tidak disediakan oleh low-end smartphone.

Apple dengan iOS-nya adalah raja pasar smartphone sebelum Android muncul. Apple dikenal sebagai vendor yang memperhatikan kualitas dan desain yang memiliki kelas tersendiri. Namun setelah kehadiran Android, beberapa pangsa pasarnya beralih ke Android. Salah satu yang memicunya karena harga smartphone dengan iOS termasuk high-end smartphone dan aplikasi yang ditawarkan lebih banyak berbayar.

Windows phone dan Blackberry OS adalah sistem operasi yang ikut meramaikan persaingan. Meski kedua OS ini berada dibawah Android dan iOS, namun ada perbedaan signifikan diantara keduanya. Windows phone yang adalah pesaing yang tergolong baru dalam pasar smartphone memiliki kencenderungan pasar yang naik dari setiap kuartal dari tahun 2012 sampai kuartal kedua 2013 saat ini, sedangkan Blackberry OS cenderung menurun.

Menentukan Pilihan
Inilah saatnya menentukan pilihan setelah Anda tahu akan kebutuhan, anggaran dan sistem operasi yang Anda inginkan. Lebih berhati-hatilah pada bagian ini, dan sebaiknya Anda menyisihkan beberapa waktu sebelum Anda berangkat ke toko ponsel dan kembali bingung menentukan pilihan setelah berada disana.

  • Persempitlah pilihan Anda. Pilihlah yang benar-benar tepat untuk Anda.
  • Membaca review dari smartphone yang telah menjadi kandidat untuk Anda beli, akan sangat membantu untuk Anda memantapkan pilihan.
  • Hubungi teman yang telah memakai smartphone yang akan menjadi pilihan Anda.
  • Bandingkan informasi-informasi yang telah Anda dapatkan dan tentukan pilihan.

(source: android-magz.com)

Continue Reading
Advertisement
You may also like...
To Top