Connect with us

Kesbangpol Minta Ormas dan OKP di Tangsel Harus Bermanfaat

Info SKPD

Kesbangpol Minta Ormas dan OKP di Tangsel Harus Bermanfaat

Keberadaan organisasi masyarakat (Ormas) ataupun lembaga swadaya masyarakat (LSM) harus bisa bermanfaat untuk masyarakat luas. Kurangnya komunikasi pengurus dan anggota Ormas di masyarakat kerap kali menjadi citra negatif dan momok yang menakutkan ketika mendengar kata Ormas ataupun LSM.

“Setiap Ormas, OKP ataupun LSM yang ada di Kota Tangerang Selatan punya peran besar dalam pembangunan. Makanya, keberadaan Ormas harus bisa bermanfaat untuk masyarakat luas,” kata Kepala Kesbangpolinmas Tangsel, H.Salman Faris, usai acara rapat koordinasi khusus penanganan Ormas, LSM dan OKP di Balai Ratu, Pondok Aren, Kamis(21/4).

Pada forum tersebut, Kesbangpolinmas juga meminta masukan agar bisa bersinergi dengan sejumlah Ormas yang ada. “Banyak masukan yang kami dapatkan pada kegiatan pembinaan ini, salah satunya tidak sedikit dari anggota Ormas yang menginginkan adanya program pendidikan dan latihan keterampilan bagi setiap anggotanya,” tambah Salman.

Sekertaris Badan Musyawarah (Bamus) Tangsel, Zulham Firdaus menyambut baik program pembinaan yang dilakukan pihak Kesbangpol Tangsel. Dia juga mengatakan bahwa Ormas merupakan salah satu produk dari pemerintah. Makanya, dalam penanganan dan pembinaannya pemerintah harus ikut bertanggung jawab.

“Pemkot Tangsel harus melakukan pembinaan kepada seluruh Ormas yang ada. Jangan hanya sibuk dengan program pembangunan infrastruktur semata, tapi sudah saatnya melakukan peningkatan SDM (sumber daya manusia). Sebab Ormas merupakan produk dari pemerintah juga,” kata Zulham.

Jalan musyawarah mufakat menurut Zulham adalah cara terbaik untuk menghindari gesekan antar Ormas. Selain itu, Pemkot juga mesti menciptakan system yang bagus dalam melakukan pembinaan dan mengakomodir setiap warga yang akan membentuk sebuah organisasi kemasyarakatan. Asalkan memiliki struktur organisasi dan juga visi misi yang jelas.

“Selain punya visi misi yang jelas, kepengurusan Ormas harus jelas struktur organisasinya hingga ketingkat ranting, agar bisa melakukan pembinaan terhadap para anggotanya,” tuturnya.

Sementara itu, Kapolres Tangsel, AKBP Ayi Supardan mengatakan, untuk meminimalisir opini miring dimasyarakat ,Ormas yang ada di Kota Tangsel harus lebih guyub lagi. “Dengan banyak melakukan hal-hal positif tentu saja bisa mengangkat citra keberadaan Ormas dimasyarakat. Makanya harus diperbanyak silaturahmi,” kata Ayi. (tr/mdr)

Continue Reading
Advertisement
You may also like...
To Top