Connect with us

Kota Tangsel Mulai Unjuk Gigi di Forum Dunia

Info SKPD

Kota Tangsel Mulai Unjuk Gigi di Forum Dunia

promise_seoulTANGSELOKE.com- Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mulai unjuk gigi di forum internasional setelah turut dalam Perjanjian Seoul atau Promise of Seoul di Korea Selatan awal April 2015 lalu. Promise of Seoul adalah perjanjian sejumlah kepala daerah di dunia untuk mengutamakan kelestarian lingkungan.

Menurut Wakil Wali Kota Tangsel yang mewakili Tangsel di forum tersebut, Benyamin Davnie, perjanjian yang tertuang dalam beberapa poin tersebut ditandatangani oleh masing-masing kepala daerah di seluruh dunia. Dengan perjanjian tersebut, selain organisasi yang akan mengingatkan dan mendukung program penghijauan itu, sesama anggota juga akan saling membantu.

“Perjanjian tersebut mengatasnamakan organisasi pemerintahan lokal seluruh dunia atau ICLEI. Mereka menyepakati sejumlah perjanjian seperti menurunkan gas emisi kendaraan, menjaga kelestarian lingkungan termasuk air, dan keadaan alam yang ada di wilayah pemerintahan masing-masing kepala daerah,” ungkap Ben.

Namun, pada saat perjanjian dibuat, Tangsel belum menjadi anggota penuh, hanya saja sebagai peserta untuk memenuhi undangan dari ICLEI. Tapi tidak mengurangi peran penting Tangsel dalam perjanjian tersebut, dan organisasi internasional tersebut juga memberlakukan perjanjian itu di Kota Tangsel.

Benyamin Davnie menargetkan, Kota Tangsel akan menjadi keanggotaan ICLEI tahun depan. Sehingga berbagai keuntungan dari keanggotaan akan diterima Kota Tangsel. Seperti menjalin sister city dengan kota di negara lain yang juga anggota ICLEI, mendapatkan bantuan atau hibah, dan beberapa keuntungan lainnya.

“Begitu juga Tangsel, mereka banyak yang tertarik dengan kehidupan yang ada di sini. Pokoknya tahun depan sudah jadi anggota,” tuturnya.

Tak hanya Tangsel, ternyata kata Ben, ada daerah lain di Indonesia yang sudah lebih dulu jadi anggota seperti Tarakan, Bontang, Balikpapan, DKI Jakarta, dan Bogor. (source via bantenhits.com)

Continue Reading
Advertisement
To Top