Connect with us

Uji Petik 15 Bus Angkutan Lebaran, Hanya 7 Yang Laik Jalan

Info Tangsel

Uji Petik 15 Bus Angkutan Lebaran, Hanya 7 Yang Laik Jalan

head_pelepasan_haji_tangselTANGSELOKE.com- Jelang lebaran, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan uji petik di sejumlah pul bus reguler di Kota Tangerang Selatan, Selasa (15/7).

Seperti yang terlihat di PO Kramat Djati RE Martadinata, Pondok Cabe Kecamatan Pamulang. Dengan membawa catatan dan stiker layak jalan, petugas memulai pengecekan satu persatu bus mulai dari ban depan belakang, rem, lampu jarak jauh dan dekat, lampu sein, serta kondisi mesin secara keseluruhan.

“Coba injek remnya, lampu sein kanan dan kiri,” intruksi salah seorang petugas dari Dirjen Darat Kemenhub.

Kemudian petugas langsung naik ke dalam bus, untuk mengecek keadaan tempat duduk penumpang dan pendingin udaranya. Setelah semua dinilai dalam kondisi baik, petugas akan menempelkan stiker ‘Laik Jalan Angkutan Lebaran Tahun 2014’ di kaca depan bus tersebut.

Kabid Angkutan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Tangsel Wijaya Kesuma mengatakan, dari sekitar 15 bus yang diperiksa, hanya 7 bus yang ditempeli stiker laik jalan. Selebihnya, masih dalam kondisi perbaikan. “Pas kita ke lokasi lagi dalam perbaikan, ada sekitar 8 bus yang diperbaiki,” ungkapnya.

Dishubkominfo Tangsel menjamin jika pemeriksaan atau uji petik tidak hanya dilakukan kemarin saja, tetapi pemeriksaan akan dilakukan menyeluruh ke beberapa pul bus. “Kami prioritaskan bus reguler, sampai ke terminal umum juga akan diperiksa. Barulah nanti menyusul pemeriksaan terhadap bus pariwisata,” tuturnya. (SN/TO/foto:ilustrasi)

Continue Reading
Advertisement
To Top