Connect with us

Airin – Risma Jalin Kerjasama

Info SKPD

Airin – Risma Jalin Kerjasama

airin_rismaTANGSELOKE.com – Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmy Diani menyepakati kerjasama dengan Walikota Surabaya Tri Rismaharini. Kerjasama tersebut merupakan bagian dari jejaring lintas perkotaan, yang dimaksudkan untuk keterpaduan pembangunan antar-kawasan perkotaan.

Targetnya antara lain efisiensi, efektifitas dan sinergi dalam penyediaan layanan umum kepada masyarakat. Dan yang terpenting adalah meningkatkan perekonomian kedua daerah demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat.

Dalam kunjungannya, Airin, Selasa (15/7/2014), Risma-sapaan akrab Tri Rismaharini menyampaikan sejumlah informasi program Pemda Surabaya. Di antaranya Surabaya telah berhasil memberlakukan layanan gratis di bidang kesehatan dan pendidikan. Sementara untuk penanganan warga miskin dan cacat, Risma juga menerbitkan kebijakan memberi makanan gratis. Sementara untuk kinerja dinas dan badan di lingkungan pemda, Risma katakan mengandalkan konsep e-goverment.

Menurut Airin, melalui siaran persnya, Rabu (16/7/2014), tukar informasi tentang pengelolaan pemerintahan dan layanan masyarakat dengan Pemda Surabaya, sangat berharga sekali. Bahkan ia sepakat pada satu kesimpulan, sehebat apapun perangkat pendukung kinerja aparatur pemda, tetap dikembalikan kepada kemauan manusianya itu sendiri.

“Beberapa unit kerja, dinas dan badan sudah ada beberapa yang menggunakan basis teknologi, kita akan tetap fokus ke arah situ,” kata Airin.

Di Surabaya, Airin juga mengaku melihat langsung bagaimana Pemda Surabaya sudah menerapkan Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan (Musrenbang), laporannya sudah langsung bisa diakses melalui internet. Sehingga masyarakat tahu, mana usulan program yang disetujui atau tidak. Ditambah lagi e-budgeting dan e-controling.

Risma pada kesempatan yang sama mengatakan, bahwa tantangan Kota Tangsel ke depan akan semakin kompleks. Kenapa demikian? Menurut Risma, karena Tangsel merupakan buffer zone (kota satelit) yang harus mendukung DKI Jakarta.

“Justru tantangannya di Tangerang Selatan lebih rumit sebenarnya. Karena begitu dekat dengan ibukota negara,” paparnya. “Saya doakan ke depan progress Ibu Airin lebih baik.” (*/SY)

Continue Reading
Advertisement
To Top