Connect with us

Project Ara, Ponsel Yang Bisa Dirakit Sendiri

Tekno

Project Ara, Ponsel Yang Bisa Dirakit Sendiri

ponsel_rakitan18.143.23.153- Project Ara adalah sebutan untuk proyek pembuatan telepon seluler pintar modular atau ponsel rakitan yang pertama kali dicetuskan Motorola beberapa waktu lalu. Ketika Google menjual Motorola ke Lenovo, banyak yang bertanya, bagaimana nasib Project Ara?

Jawabannya kita tahu, Project Ara tetap dilanjutkan karena divisi yang bertanggung jawab atas proyek itu, Advanced Technology and Projects (ATAP) tetap dipertahankan Google. Proyek ini terbilang ambisius karena belum ada sejarahnya produsen membuat ponsel rakitan layaknya PC.

Dipimpin oleh Regina Dugan, mantan Direktur Defense Advanced Projects Agency (DARPA) Departemen Pertahanan AS, ATAP kini berada langsung di bawah kendali Google. Purwarupa ponsel pertama dari Ara diharapkan sudah akan tersedia beberapa minggu lagi dan peluncurannya secara komersial pada awal tahun depan.

Ide utama Project Ara adalah membantu konsumen yang gemar “ngoprek” untuk mengutak-atik ponsel mereka tak sekadar dengan mengganti ringtone, wallpaper, warna bodi atau custom ROM, tetapi juga bentuk dan fungsinya. Di sisi lain, sama seperti OS Android saat ini, yang terlibat dalam pengembangan peranti keras ponsel tak cuma perusahaan raksasa, tetapi ratusan bahkan ribuan perusahaan kecil lainnya. Karenanya, proyek ini akan bersifat terbuka, yang artinya setiap produsen boleh memproduksi peranti keras khusus buat produk Ara. Hal itu mirip dengan Android, kan? semua pengembang mulai dari studio raksasa sampai anak SMA bisa bikin aplikasi untuk Android.

 

Google, Rabu (26/2) mengumumkan, mereka akan menggelar pertemuan dengan developer Ara pada 15 dan 16 April mendatang dalam acara “Ara Developer’s Conference.” Konferensi tersebut akan tersedia juga secara online disiarkan langsung dari Computer History Museum, California.

Apakah Project Ara akan diluncurkan secara global?. Masih terlalu dini untuk menanyakan hal tersebut. Pasalnya, di Amerika Serikat saja, regulator perangkat telekomunikasi (FCC) belum mengeluarkan sikap karena memang produk ini belum jadi. Tetapi, menurut Eremenko, FCC sejauh ini sangat mendukung proyek tersbeut karena mereka menganggapnya baik untuk industri Amerika. Jika ada ribuan produsen peranti keras yang terlibat memproduksi modular Ara, mungkinkah, menurut Anda, ponsel ini hanya akan tersedia di Amerika Serikat dan atau Eropa saja? (source: chipcoid)

Continue Reading
Advertisement
You may also like...
To Top