Connect with us

BPBD Tangsel Gelar Latihan Gabungan Penanganan Bencana

Info SKPD

BPBD Tangsel Gelar Latihan Gabungan Penanganan Bencana

airin_kunjungi_korban_banjirTANGSELOKE.com- Puluhan petugas gabungan penanganan bencana Kota Tangerang Selatan (Tangsel) masih mengikuti latihan penanganan bencana di Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (30/08).

Pelatihan ini sendiri diikuti oleh sekitar 65 petugas gabungan yang terdiri dari Pemadam Kebakaran, Satpol PP, Bina Marga dan Pengairan, Dinas Sosial, dan aparatur seluruh kecamatan serta kelurahan di lingkungan Pemkot Tangsel.

Mereka nantinya akan mengikuti latihan penanggulangan bencana, terutama soal banjir yang dibekali oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

“Ya selama dua hari ini kami memberikan pembekalan pada puluhan petugas. Sehingga, ada bencana, sudah tahu apa yang harus dilakukan,” jelas Kepala BPBD Kota Tangsel Uci Sanusi, kemarin.

Uci menjelaskan pelatihan yang akan diberikan meliputi materi korban arus deras. Karena dari pengalaman yang ada, kata Uci banyak petugasnya yang tidak sigap saat melakukan penanganan korban banjir di Cirendeu Permai, yang arusnya deras.

“Nantinya dilatih bagaimana mengendalikan perahu untuk lebih mendalam. Sehingga warga yang menjadi korban banjir bisa diatasi dengan tepat,” jelas Uci.

Dia mengatakan, petugas akan mengikuti pelatihan selama dua hari. Hari pertama, mereka akan dibekali tentang teori, sedangkan prakteknya dilakukan di aliran deras di daerah Sukabumi, pada hari kedua.

Selama ini zona banjir di Kota Tangsel memang dikenal dengan arusnya yang deras. Selain di Cirendeu Permai, juga ada di Pamulang, Pondok Aren, Setu, dan Serpong Utara.

Jadi, ketika banjir datang, petugas yang telah mengikuti pembekalan nantinya diharapkan sudah sudah siap dalam melakukan penanganan.

“Makanya, selain peralatan sudah lengkap, kami juga siapkan SDMnya. InsyaAllah dengan adanya pelatihan ini, petugas gabungan Penanggulangan Bencana Kota Tangsel lebih siap lagi,” jelas Uci. (source: bantenhits)

Continue Reading
Advertisement
To Top