Connect with us

Banten Rawan Bencana

BANTEN OKE

Banten Rawan Bencana

rano-karnoTANGSELOKE.com – Provinsi Banten masuk kategori daerah rawan bencana. Selain bencana alam yang disebabkan oleh alam, provinsi hasil pemekaran Provinsi Jawa Barat ini juga rawan bencana akibat ulah manusia.

Setidaknya ada 74 industri kimia beroperasi di kawasan Cilegon. Industri tersebut juga bisa menjadi bencana jika pengelolaannya tidak tersistem dengan baik.

“Banten merupakan salah satu daerah paling rawan bencana,” kata Wakil Gubernur Banten, Rano Karno, saat acara Apel Siaga dan perayaan HUT Basarnas ke-42 di Pelabuhan Pelindo II, Merak, Rabu (5/3/2014), dilansir Beritasatu.com.

Ia meminta agar Basarnas lebih banyak merekrut generasi muda Banten. Para pemuda tersebut diharapkan bisa memiliki keahlian dalam penyelamatan bencana alam.

“Kami juga menyampaikan harapan Basarnas untuk merekrut putra-putri Banten agar beperan aktif mengatasi bencana,” katanya.

Menurut Wagub, Banten rawan terhadap bencana alam ekstrim mulai dari banjir, kekeringan, gempa, tsunami dan letusan gunung. Selain itu, Banten juga dikenal sebagai daerah terdampak letusan gunung Krakatau yang meletus puncaknya pada tahun 1983. “Erupsi Krakatau kira-kira 13.000 ledakan bom atom yang menghancurkan Hiroshima dan Nagasaki,” kata Rano lagi. (Sm)

Continue Reading
You may also like...
Advertisement

Info SKPD

To Top