Connect with us

Pemkot Siapkan Dana Rp 14 Miliar Hadapi Bencana Banjir

Info SKPD

Pemkot Siapkan Dana Rp 14 Miliar Hadapi Bencana Banjir

airin_kunjungi_korban_banjirTANGSELOKE.com- Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menyiapkan anggaran sebesar Rp 14 miliar sebagai langkah penanggulangan bencana banjir tahun ini. Dana diperuntukkan buat memperbaiki infrastruktur yang rusak pasca-banjir.

Pelaksana Harian (Plh) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangsel, Dudung E. Diredja, Rabu (15/1), pembenahan infrastruktur meliputi perbaikan jalan, revitalisasi saluran air, maupun pemberian bantuan kepada korban banjir.

“Tidak cuma perbaikan sarana infrastruktur, dana juga diberikan langsung kepada korban banjir,” terang Dudung.

Secara rinci, dari anggaran sebesar Rp 14 miliar, dana dari bantuan pemerintah pusat lewat Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp9 miliar. Sisanya berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Tangsel 2014.

Soal teknis di lapangan, lanjut Dudung, akan melibatkan sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang ada. Langkah koordinasi ada pada Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi, serta Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Kota Tangsel.

“Tiap instansi sudah mempunyai Tupoksi (tugas pokok dan fungsi) masing-masing. Nantinya juga dibantu dari luar, seperti organisasi kepemudaan,” urainya.

Guna melakukan pemantauan selama bencana dan membantu korban, pada seluruh titik lokasi banjir di Kota Tangsel akan didirikan posko bantuan. “Posko-posko bantuan siap didirikan baik di kawasan perumahan maupun perkampungan,” ujar Sekretaris BPBD Kota Tangsel, Uci Sanusi.

Tiap-tiap posko tidak lupa dilengkapi dengan fasilitas dapur umum, perlengkapan tidur dan pakaian, pusat pelayanan kesehatan keliling, tim SAR, mobil ambulance, serta peralatan lengkap evakuasi warga yang terjebak banjir.

“Terpenting, perahu karet dan tim SAR harus selalu siaga di lokasi kalau dibutuhkan kapan pun,” tutup Uci. (MT/TO)

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

Info SKPD

To Top