Connect with us

Ayo Datang ke Job Fair Tangsel 28-30 Juni

Edukasi

Ayo Datang ke Job Fair Tangsel 28-30 Juni

job-fair-ilustrasiTANGSELOKE.com- Guna mengurangi angka pengangguran di wilayahnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel berencana kembali menggelar Job Fair. Saat ini sudah ada 33 perusahaan dari berbagai bidang usaha seperti ritel, jasa, pabrik, perusahaan, kesehatan bahkan maskapai penerbangan yang siap ambil bagian dalam job fair tersebut.

Kepala Dinas Sosial Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Purnama Wijaya mengatakan, job fair ini terbuka untuk seluruh masyarakat Kota Tangsel yang memenuhi syarat. “Syaratnya mudah saja, tinggal datang ke lokasi Job Fair dengan membawa ijazah, curriculum vitae dan kartu kuning serta KTP, maka para pencari kerja sudah dapat langsung mengikuti interview dilokasi sesuai dengan bidang pekerjaan yang dipilih,” jelas Purmana.

Menurut Purnama, setelah diinterview, calon pekerja yang diterima maupun tidak akan diserahkan sepenuhnya kepada perusahaan yang merekrut mereka. Sedangkan lowongan yang tersedia, jumlahnya mencapai 5.200 yang dibuka langsung oleh 33 perusahaan peserta Job Fair.

“Kami hanya mencoba memfasilitas pencari kerja dengan perusahaan. Target kami 40 perusahaan ambil bagian. Saat ini sudah 33 perusahaan yang menyatakan kesiapan dan 33 diantaranya sudah pasti ambil bagian. Soal jumlah lowongan, kemungkinan masih akan bertambah, karena kami masih mencari peluang pe sejumlah perusahaan lainnya,” jelasnya.

Kata Purnama, secara kuantitas jumlah lowongan, Job Fair 2013 ini meningkat dibandingkan dengan Job Fair 2012 lalu. Dimana pada 2012 hanya 25 perusahaan yang ikut dengan 1.500 lowongan kerja. “Jof Fair ini akan kami gelar mulai 28-30 Juni 2013 mendatang, dibidang ritel, jasa, pabrik, perusahaan, kesehatan bahkan maskapai penerbangan tersedia di sana,” bebernya.

Adapun dari tingkat pendidikan, lanjut Purnama, perusahaan membutuhkan pekerja mulai dari lulusan SMP hingga S2. “Presentasenya, SMK sebanyak 35 persen, Sarjana 32 persen, SMA 27 persen dan sisanya lain-lain. Kami juga memberikan kemudahan bagi warga dengan menyediakan loket kartu kuning gratis di lokasi,” tandasnya.

Kepala Bidang Penempatan dan Transmigrasi Dinsosnakertrans Kota Tangsel, Suyatman Ahmad mengatakan, Job Fair akan dipusatkan di kawasan Kantor Walikota Tangsel yang berada di Kecamatan Pamulang. Seluruh warga yang hadir tidak dipungut biaya sama sekali.

Terang Yatman, kegiatan ini dilakukan untuk mengurangi tingkat pengangguran di Kota Tangsel yang terus bertambah. Faktor pertambahan pengangguran sendiri terang Yatman dikarenakan adanya warga yang tidak lagi melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi atau banyak kaum urban yang datang ke Tangsel.

“Data yang kami miliki saat ini ada sekitar 52 ribu warga yang menganggur. Makanya, kami buka Job Fair ini sebagai langkah mengurangi pengangguran. Di kota ini. Kami harap, kesempatan ini jangan sampai dilewatkan begitu saja oleh warga Tangsel,” pungkasnya. (sumber: satelitnews.co.id)

Continue Reading
Advertisement
To Top