Connect with us

Jelang Idul Fitri, Harga Sembako Stabil

Info Tangsel

Jelang Idul Fitri, Harga Sembako Stabil

TANGSELOKE.COM- Menjelang Hari Raya Idul Fitri, harga sembilan bahan pokok (sembako) di beberapa daerah mulai merangkak naik. Tak terkecuali di Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Harga kebutuhan dasar rumah tangga mengalami kenaikan di pasar tradisional maupun pasar modern. Kenaikan harganya terjadi pada beberapa komoditas.

Di Pasar Serpong belum lama ini, harga telur melonjak hingga Rp 19 ribu/kg dibandingkan harga sebelumnya Rp 16 ribu/kg, daging sapi melonjak dari harga Rp 78 ribu/kg menjadi Rp 80 ribu/kg, cabai merah dari Rp 17 ribu menjadi Rp 22 ribu/kg. Sedangkan untuk bawang merah dari Rp 10 ribu menjadi Rp 12 ribu/kg dan bawang putih dari Rp 18 ribu menjadi Rp 20 ribu/kg.

Taufik, salah satu pedagang mengatakan, tren kenaikan harga biasa terjadi jelang puasa dan Lebaran. Tetapi berbeda dari tahun sebelumnya, kenaikan sembako pada tahun ini tidak terlalu signifikan. Semua komoditas sembako hanya mengalami kenaikan berkisar Rp 1.000 hingga Rp 2.000 per kg. Meski demikian, ada pula beberapa harga sembako yang masih stabil bahkan turun. Semisal gula putih dari Rp 14 ribu menjadi Rp 12.500 per kg dan minyak goreng dari Rp 11 ribu menjadi Rp 10.500 per kg. “Jelang lebaran, biasanya ada kenaikan harga 5-10 persen,” tutur Taufik.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Tangsel, Muhammad, mengatakan bahwa berdasarkan data inspeksi mendadak (sidak) Disperindag di Pasar Serpong dan Pasar Modern BSD akhir bulan lalu, kenaikan harga sembako diakuinya masih dalam batas kewajaran.

Harga sembako rata-rata naik 10 hingga 15 persen dari harga biasanya. Guna mengantisipasi lonjakan harga, pihaknya berjanji akan terus melakukan pantauan ke sejumlah pasar di Tangsel. “Sidak tidak hanya dilakukan di awal puasa. Pas puasa dan jelang lebaran kita akan pantau dan tingkatkan terus,” kata Muhammad.

Menurut Muhammad, nantinya jika dalam pantauan ditemukan kenaikan harga sembako mencapai 20 persen, pihaknya akan mengecek dan menindak tegas pedagang bersangkutan. Sementara itu, Disperindag Tangsel juga menjamin stok sembako di Tangsel aman. Semisal beras, sampai saat ini distribusi beras di sejumlah pasar di Tangsel lancar. “Selain distribusi lancar, harga beras cenderung stabil. Sehingga untuk stok beras dijamin kesediaannya hingga hari raya. Dan sembako lain sejauh ini masih mencukupi,” tutup Muhammad.

(sumber: iserpongcom)

Continue Reading
Advertisement
You may also like...
To Top