Connect with us

Tangsel kembali Raih WTP

Info Tangsel

Tangsel kembali Raih WTP

TANGSELOKE-COM- Pemerintah Kota Tangerang Selatan kembali mendapatkan predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) – RI Perwakilan Provinsi Banten. Predikat yang diberikan ini berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK Banten pada Tahun Anggaran 2011 dan Kota Tangerang Selatan  mendapatkan predikat WTP dua kali berturut-turut sejak tahun kemarin.

“Kita menyatakan terima kasih kepada seluruh SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) yang mampu menyajikan laporan keuangan dengan baik,” ungkap Walikota Tangerang Selatan – Airin Rachmi Diany, kepada Web Tangsel di kantornya di Pamulang, Selasa, 29 Mei 2012.

Walikota menyampaikan, perolehan predikat opini WTP ini menandakan kepatuhan sudah semakin baik dan ini akan menjadi motivasi untuk meningkatkan prestasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Soal aset alhamdulillah dan hal ini akan terus kita perbaiki. Kalau kemarin aset yang berasal dari Kabupaten Tangerang dan sekarang aset yang dibeli dari APBD sendiri berdasarkan neraca daerah,” ujar Walikota.

Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kota Tangerang Selatan – Uus Kusnadi, menjelaskan, indikator pemberian opini BPK antara lain, penyajian laporan keuangan sesuai dengan standar akuntannsi pemerintah,  pengungkapan yang cukup, kepatuhan terhadap Peraturan Perundang-Undangan, dan efektifitas pengendalian internal.

“Pertama, intinya ada komitmen dari semua pihak mulai pimpinan tertinggi sampai dengan pelaksana. Memperluas pengetahuan tentang pengelolaan keuangan dengan pelatihan dan bimbingan teknis. Terkait untuk aset,  Pemerintah Daerah menekankan khususnya kepada pengguna anggaran yang juga merangkap pengguna aset, agar dapat teliti dari sisi perencanaaan, pelaksanaan dan pertanggungjawaban,” jelas Uus.

Serta tidak kalah pentingnya, lanjut Uus, memperhatikan saran dan temuan BPK yang diformulasikan ke dalam action plan Pemerintah Kota Tangerang Selatan, dengan sumber daya manusia dan sumber dana yang ada. Kedepannya adalah memelihara ritme dan mengedepankan arti pentingnya pengelolaan keuangan yang baik.  WTP merupakan salah satu dari upaya Pemerintah Kota Tangerang Selatan dalam rangka penerapan prinsip akuntanbilitas dan transparansi.

Uus menyatakan, merasa bangga dengan komitmen Walikota. Tangerang Selatan yang notabene daerah otonom baru, dan baru tiga kali menyampaikan laporan keuangan Pemerintah Daerah, sudah bisa meraih opini WTP kedua kalinya secara berturut-turut. Hal ini juga dilatarbelakangi tersedianya sumber daya manusia yang cukup memiliki kopetensi di bidang akuntansi.

“Intinya, DPPKAD hanya sebagai entitas laporan yang mempunyai tugas menyusun laporan keuangan. Hasil  WTP ini merupakan kristalisasi dari kinerja Walikota dan jajarannya,” papar Uus.

Penyerahan LHP atas laporan keuangan Pemerintah Kota Tangerang Selatan dilakukan langsung oleh Kepala BPK-RI Perwakilan Provinsi Banten – I Nyoman wara SE. Ak kepada Walikota Tangerang Selatan – Airin Rachmi Diany di Gedung Perwakilan BPK RI di Kota Serang pada Hari Selasa Tanggal 29 Mei 2012. Selain terhadap Pemerintah Kota Tangerang Selatan, disampaikan pula LHP terhadap Pemerintah Kota Tangerang, Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, dan Kota Serang.

Turut serta mendampingi Walikota Tangerang Selatan dalam menerima predikat tertinggi di bidang pelaporan keuangan tersebut, Sekretaris Daerah – Dudung E. Diredja, Inspektur – M. Agusman, Kepala Bapeda – Dandy Priyandana, Assisten I – Hartadi Wijaya, Assisten III – Ismunandar, dan beberapa Kepala SKPD lainnya.

Continue Reading
Advertisement
To Top