Connect with us

Tangsel Ajukan 1215 Calon PNS

Info Tangsel

Tangsel Ajukan 1215 Calon PNS

TANGSELOKE.Com- Kementerian Pembinaan Aparatur Negara (KemenPAN) dan Reformasi Birokrasi telah menyediakan 60 ribu kuota Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang akan disebar di seluruh provinsi, kota dan kabupaten yang ada di Indonesia.

“Tahun ini kita buka lowongan 60 ribu CPNS,” ujar Azwar Abubakar, MenPAN dan Reformasi Birokrasi, di akhir acara Seminar Reformasi Birokrat Menuju Tata Kelola Pemerintahan yang baik di Universitas Muhammadiyah Jakarta, Kota Tangerang Selatan, kemarin.

Setiap daerah harus membuat analisa dan peta prajabatan, dengan begitu akan diketahui jumlah pasti kebutuhan PNS di tiap-tiap daerah. Tidak ada lagi perekrutan CPNS yang tidak pada tempatnya.

“Tahun ini kami bakal lakukan pengetatan terkait jumlah kebutuhan CPNS di daerah, analoginya, kalau butuh sopir pribadi berarti harus mencari sopir. Bukan menambah pembantu,” katanya.

Lebih lanjut Azwar mengatakan untuk tahun ini, tepatnya Desember 2012, moratorium akan dihapuskan, untuk pemerintah daerah yang ingin mendapatkan kuota CPNS, harus memastikan bahwa belanja pegawai tidak lebih dari 50 persen dari APBD.

“Semisal belanja APBN untuk pendidikan itu 20 persen. Kalau setengahnya habis terpakai hanya untuk belanja pegawai, akan jadi sia-siap. Mana lagi dana untuk perbaikan kurikulum atau jenis lain untuk mengembangkan pendidikan.

Sementara Kepala Badn Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Tangsel Firdaus mengatakan BKPP sudah mengajukan sebanyak 1.215 CPNS di tahun ini.

“Belanja pegawai kita di bawah 50 persen sehingga kita berhak mengajukan , yang kita ajukan sebanyak 1215, dari berbagai komponen yang dibutuhkan untuk Tangsel,” ungkapnya.

Saat ini tengah menunggu jawaban KemenPAN dan Reformasi Birokrasi apakah hingga 1215 bisa terpenuhi atau tidak, tergantung dari kuota yang diberikan pusat untuk daerah.

Continue Reading
Advertisement
To Top