Connect with us

Walikota Tangsel Terpilih Menjadi Wakil Ketua APEKSI

Info Tangsel

Walikota Tangsel Terpilih Menjadi Wakil Ketua APEKSI

Airin Rachmi Diany, Walikota Tangerang Selatan terpilih menjadi wakil ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) pada Munas IV APEKSI 2012 di Hotel Peninsula, Manado.

Pembukaan Apeksi tersebut diikuti oleh 98 walikota se Indonesia yang tergabung dalam Apeksi tahun 2012. Munas Apeksi diselenggarakan dengan tema “Grand Design Otonomi Daerah Prospek Untuk Kesejahteraan Rakyat”.

Azhar Samun, Kabid Kehumasan Kota Tangsel mengatakan bahwa Airin Terpilih menjadi mewakili koordinator wilayah empat provinsi yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Banten.

“Ibu Airin dan Walikota Manado Vicky Lumentut menjadi kandidat ketua. Dalam pemilihan tersebut terpilihlah ketua APEKSI yakni Vicky Lumentut dan Ibu (Airin Rachmi Diany) sebagai wakil ketua bidang kerjasama periode 2012-2016,” ungkap Azhar.

Dia menjelaskan tugas wakil ketua bidang kerjasama ini nantinya menyusun program dan kegiatan kerjasama baik lokal maupun internasional serta  memfasilitasi kerjasama investasi baik dalam negeri dan internasional.

“Walikota dilantik Direktur Pemerintahan Umum atas nama menteri dalam negeri yakni I Made Suwandi,” katanya.

Sementara itu Direktur Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri, I Made Suwadi menjelaskan poin penting pada pemilihan APEKSI kali ini berkewajiban membuat grand design yang bertujuan mendorong kemajuan bangsa.

Made Suwadi menjelaskan untuk mewujudkan grand design penataan daerah tahun 2010-2025 diperlukan road map bagi penyelenggaraan otonomi daerah yang mampu memandu kerja-kerja dan mengakselerasi tujuan-tujuan dicanangkan dengan munculnya otonomi daerah.

Di mana pemerintah daerah adalah sebagai konsumen untuk menciptakan kesejahteraan tingkat lokal.

Untuk mewujudkan hal tersebut, sangat dipengaruhi adanya dukungan dari asosiasi-asosiasi pemerintah daerah secara berkesinambungan khususnya APEKSI.

“Maka jadikan Munas ini menjadi musyawarah produktif yang menghasilkan gagasan untuk mendorong kemajuan bangsa dalam ruang lingkup pemerintah kota,” katanya.

Continue Reading
Advertisement
To Top