Connect with us

Rakor Apeksi Bahas Penataan Pasar Tradisional

Info Tangsel

Rakor Apeksi Bahas Penataan Pasar Tradisional

20131205_154824TANGSELOKE.com – Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany memimpin Rapat Koordinasi Komisariat Wilayah III (Rakor Komwil III), Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (5/12/2013).

Tema Rakor Komwil III kali ini “Peningkatan Pelayanan Publik Melalui Re-fungsi Infrastruktur.” Dalam kegiatan itu, masing-masing walikota memaparkan keberhasilannya dalam menata kota. seperti yang dikemukakan Walikota Jakarta Pusat, tentang penataan Pasar Tanah Abang dan penataan lingkungan tidak layak huni di Tanah Tinggi.

Ada beberapa poin mengenai penataan pasar tradisional. Di antaranya: yaitu pengelolaan pasar tradisional dilakukan melalui perencanaan fisik dan non fisik, kelembagaan dan struktur organisasi, tata kelola dan perizinan, pengendalian dan evaluasi.

Sementara mengenai penataan pasar tradisional dan PKL  sepatutnya dilakukan melalui re-fungsi infrastruktur, recovery penataan usaha perdagangan dan UMKM. Kemudian rehabilitasi lokasi pasar dan PKL, pembebasan lahan yang akan digunakan untuk relokasi PKL, terakhir evaluasi dan monitoring.

Mengenai pembangunan daerah dengan model zonasi juga dibahas di forum itu. Penataan ruang menggunakan zonasi, dianggap memiliki nilai kemanfaatan yang efisien dan efektif dari sisi pengelolaan peningkatan nilai tambah kawasan dan menjamin keberlanjutan pengelolaan.

Sempat dibahas persiapan Pemilihan Ketua Apeksi Periode 2014-2016. (Sm/Foto: Kemal)

Continue Reading
Advertisement
To Top