Connect with us

Pemkot Tangsel Raih Nilai CC Dari Kemenpan

Info Tangsel

Pemkot Tangsel Raih Nilai CC Dari Kemenpan

bang_ben_tangselTANGSELOKE.com- Pemerintah Kota Tangerang Selatan meraih predikat penilaian CC atas Akuntabilitas Instansi Pemerintah dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia, Rabu (29/1) pada acara penyerahan penghargaan hasil evaluasi AKIP bagi Pemerintah kabuoaten/kota di Balai Kartini, Jakarta. Penghargaan ini diberikan langsung oleh Menteri Pendayaagunaan Aparatur Negara dan RB, Azwar Abubakar dan langsung diterima oleh Wakil Walikota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie.

Pemkot Tangsel meraih predikat CC ini bersama 6 Kota/kabupaten se-Banten, yaitu Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, Serang, Kota Cilegon, Kabupaten Pandeglang dan kabupaten Lebak.

Menteri  Pendayagunaan  Aparatur  Negara  dan  Reformasi  Birokrasi  (PANRB) Azwar Abubakar mengatakan, tahun ini, sebanyak 150 pemerintah daerah mendapat predikat penilaian CC. Menurut Azwar setiap program dan kegiatan  dari  penyelenggara  Negara  harus  dapatdipertanggungjawabkan hasilnya.  “Karena itu, setiap instansi pemerintah baik pusat maupun di daerah,  wajib  menyusun  laporan  keuangan  yang  dilengkapi  laporan  kinerja,” ungkap Azwar.

Sementara itu, Wakil Walikota Tangsel, Benyamin Davnie mengatakan, dalam rangka pelaksanaan Peraturan Pemerintah nomor 8 tahun 2006 tentang pelaporan keuangan dan kinerja instansi pemerintah, Pemkot Tangsel telah melakukan evaluasi terhadap akuntabilitas kinerja pemerintah Kota Tangerang Selatan tahun 2013.
“Evaluasi ini ditujukan untuk menilai implementasi dan pengembangan akuntabilitas kinerja di lingkungan Pemerintah Kota Tangerang Selatan dalam rangka mendorong terwujudnya pemerintah yang berorientasi kepada hasil,” ungkap Benyamin.

Menurut Benyamin, ia merasa bersyukur atas diraihnya predikat CC. Predikat ini memang bukan yang terbaik, karena di atasnya masih ada predikat B, BB, A, dan tertinggi AA yang berarti sangat sempurna. Meski begitu, ia berharap, untuk ke depan Pemkot Tangsel mampu meraih predikat B walaupun itu agak sulit diraih. Karena komponen yang dinilai yaitu, perencanaan kinerja, pengukuran kinerja, pelaporan kinerja, evaluasi kinerja dan capaian kinerja.

“Dengan Predikat CC, Pemkot Tangsel meraih nilai 53,13. Nilai tersebut merupakan akumulasi penilaian terhadap seluruh komponen manajemen kinerja di lingkungan Pemerintah Kota Tangerang Selatan. Saya mengapresiasi seluruh jajaran SKPD di Pemkot Tangsel atas diraihnya predikat tersebut. Namun saya berharap, ke depan bisa lebih bagus lagi predikat yang diraih,” tutur Benyamin. (hms)

Continue Reading
Advertisement
To Top