Connect with us

KNPI Tangsel Dituntut Kreatif dan Cerdas

Komunitas

KNPI Tangsel Dituntut Kreatif dan Cerdas

Pamulang, Tangerang Selatan – Generasi muda yang tergabung dalam Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) dituntut untuk kreatif dan cerdas dalam membuat serta menciptakan program unggulan. Pemuda memiliki peranan penting dan strategis dalam geliat pembangunan dengan memberikan sumbangsih kepada Pemerintah Daerah, sehingga diharapkan dapat menekan masalah kesenjangan ekonomi dan sosial di tengah masyarakat.

Demikian disampaikan Wakil Walikota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie, dalam sambutan saat menghadiri pelantikan Pengurus Kecamatan KNPI se-Kota Tangerang Selatan di Gedung Juang PGRI, Pamulang, akhir pekan kemarin. “Kita berharap, KNPI dapat hadir secara manfaat karena angka pengangguran terus bertambah. Caranya, berkolaborasi dan bergandengan tangan dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah,” ujarnya.

Wakil Walikota menjelaskan, jumlah penduduk di Kota Tangerang Selatan telah mencapai 1,3 juta jiwa yang 74 persennya merupakan usia produktif, yakni komposisi 15-55 tahun. Pejabat yang pernah menjabat sebagai Ketua KNPI Kabupaten Tangerang periode 1983-1985 ini mengharapkan, sebagai organisasi kepemudaan, dapat membentuk serta menjembatani sumber daya manusia yang siap untuk berkompetisi ditengah semakin ketatnya persaingan globalisasi.

Kegiatan pelantika yang akan segera dilanjutkan dengan rapat kerja KNPI Kota Tangerang Selatan yang dijadwalkan berlangsung di Pondok Pemuda, Cibodas, Jawa Barat nantinya, sambung Wakil Walikota, dapat menghasilkan rancangan berbagai program kerja, seperti kegiatan pelatihan ekonomi dan penyuluhan sosial kepada masyarakat yang hasilnya dapat membantu Pemerintah Daerah dalam upaya meningkatkan taraf hidup masyarakatnya. Hal ini mengingat  Pemerintah Daerah tengah menyusun program kerja pembangunan skala nasional dan multinasional pascamekaran wilayah.

“Dengan begitu, Kota Tangerang Selatan telah memiliki pondasi yang kuat sesuai dengan tujuan dan cita-cita otonomi daerah,” terang Wakil Walikota. Sejak awal pemerintahan definitif berjalan, telah dicanangkan program perbaikan infrastruktur dan peningkatan pelayanan kesehatan serta pendidikan. Melalui ketiga program prioritas ini, pemuda harus jeli dan peka. “Mari tunjukan dulu aktivitas dan program pemuda dengan ide-ide serta prakarsa yang bisa bermanfaat bagi Kota Tangerang Selatan,” harapnya.

Ditempat yang sama sebelumnya, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) KNPI Kota Tangerang Selatan, Lukman Hakim, dalam sambutannya menyampaikan melalui rapat kerja ini. Pihaknya ingin melakukan inisiasi beberapa program pemberdayaan sumber daya manusia. Lukman melihat, berdasarkan hasil indeks prestasi di Provinsi Banten, meski baru berusia tiga tahun Kota Tangerang Selatan selalu meraih prestasi yang cukup membanggakan pada berbagai bidang.

“Sudah saatnya kaum muda bekerja dan melakukan konsolidasi organisasi. Dan riak-riak di dalam sebuah organisasi sudah menjadi hal biasa,” ujar pria yang juga menjabat sebagai anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten.

Pada kesempatan itu turut hadir sejumlah pejabat daerah diantaranya, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Chaerudin, Camat Pamulang Suhendar, Camat Ciputat Timur Salman Alfariz, Camat Serpong Durahman, Ketua KONI Rita Juwita, Kepala Bagian Humas dan Protokol Azhar Syam’un Rachmansyah serta Rasyud Syakir  bersama tokoh masyarakat lainnya.

Continue Reading
Advertisement
To Top