Connect with us

Aksi Tawuran Remaja Berhasil di Gagalkan, Warga Perumahan Pondok Pucung Jadi Korban

BANTEN OKE

Aksi Tawuran Remaja Berhasil di Gagalkan, Warga Perumahan Pondok Pucung Jadi Korban

Bentrokan antar pemuda terjadi di Perumahan Pondok Pucung Indah tahap II sekira pukul 02.00 di jalan Kemuning Pondok Aren, Tangsel, Banten pada tanggal 24 Maret 2023 dini hari.

Pada peristiwa tersebut, warga yang hendak melerai bentrokan tersebut malah menjadi bulan-bulanan remaja yang di ketahui warga perumahan Pondok Pucung Indah II.

Korban yang di ketahui bernama Leo merupakan koordinator atau linmas yang hendak melerai aksi tawuran tersebut. Apesnya, ia malah terkena sabetan kain sarung yang di rancang dengan batu sehingga dapat melukai jika terkena sarung tersebut.

Ami, Warga PPI II, saksi mata aksi tawuran remaja antar kampung mengatakan, peristiwa tersebut tak dapat terelakan lantaran terjadi di tempat gelap atau minim lampu penerangan persis lapangan merah depan TK Tiki Taka, perumahan PPI II Rw : 06.

“Iya om. Ngumpulnya pas banget di depan rumah. Terekam juga di CCTV,” terangnya

Luka yang di derita oleh korban di ketahui pada bagian kepala dampak sabetan kain sarung yang di modifikasi untuk senjata tawuran. Kendati demikian, aksi gagal tawuran berujung pengeroyokan berakhir dengan kekeluargaan.

“Akhirnya damai. Namun kami sudah mengantongi identitas para terduga pelaku. Jika masih berbuat tawuran lagi disini, maka kami tak segan-segan lagi mengambil jalur hukum,” terang Agus, tokoh masyarakat PPI II.

Ia mengatakan, setelah di rundingkan oleh warga setempat dan keluarga korban, akhirnya peristiwa pengeroyokan selesai dengan kekeluargaan.

“Iya. Kami menimbang memakai hati nurani. Disini kan kita bertetangga dan berhubungan baik, ya alangkah baiknya kita pakai jalur tabayun. Apalagi ini bulan puasa, ini para pelakunya saya kenal orangtuanya. Kasihan orangtuanya bila mereka (anak) di penjara,” terang Agus (25/3/2023)

Di mediasi oleh binamas, RW setempat, tokoh pemuda dan tokoh masyarakat, suasana mediasi berakhir dengan inisiatif keluarga terduga pelaku tawuran dengan mengumpulkan donasi yang di peruntukan untuk biaya pengobatan korban.

Terduga pelaku tak mampu mengelak atas perbuatannya tersebut, karena peristiwa tawuran yang terjadi sempat terekam oleh CCTV milik salah satu warga sekitar.

Sementara itu, Sanusi, binamas Pondok Pucung Indah polsek Pondok Aren mengatakan, bila korban ingin melapor di persilahkan untuk ke polsek Pondok Aren.

“Iya, kejadiannya kemarin malam. Ini tawuran antar perkampungan. Remaja dari RW:02 melawan RW : 016 dan TKPnya di PPI II. Korbannya adalah pak Leo, beliau adalah linmas. Saya sudah mengarahkan jika ingin buat laporan ya monggo, tidakpun ya silahkan,” paparnya

Dikatakan Sanusi, karena terduga pelaku tawuran merupakan warga sekitar komplek perumahan PPI II, korban dan pelaku sepakat untuk mengambil jalur kekeluargaan.

“Karena saling kenal, korban dan terduga pelaku mengambil jalan mediasi atau kekeluargaan. Artinya tidak ada tuntutan dari korban. Kami terus observasi lingkungan agar kejadian serupa tidak terjadi lagi di wilayah Pondok Pucung khususnya,” tandasnya (Adt)

To Top